Peningkatan Kemampuan Passing Bawah Melalui Pembelajaran Model Reciprocal dalam Olahraga Bolavoli Mini pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Tambahagung 03 Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati Tahun Pembelajaran 2010-2011


Sugiharti , 6301909010 (2011) Peningkatan Kemampuan Passing Bawah Melalui Pembelajaran Model Reciprocal dalam Olahraga Bolavoli Mini pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Tambahagung 03 Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati Tahun Pembelajaran 2010-2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Passing Bawah Melalui Pembelajaran Model Reciprocal dalam Olahraga Bolavoli Mini pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Tambahagung 03 Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati Tahun Pembelajaran 2010-2011]
Preview
PDF (Peningkatan Kemampuan Passing Bawah Melalui Pembelajaran Model Reciprocal dalam Olahraga Bolavoli Mini pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Tambahagung 03 Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati Tahun Pembelajaran 2010-2011) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah;1).Apakah pembelajaran timbal balik atau reciprocal dapat meningkatkan keterampilan teknik passing bawah pada siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Tambahagung 03 Kecamatan Tambakromo,Kabupaten Pati Tahun Pembelajaran 2010-2011?.2).Apakah pembelajaran dengan model reciprocal dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam menguikuti kegiatan belajar mengajar?.3).Apakah penerapan model pembelajaran reciprocal mempunyai dampak yang positif bagi perkembangan dan kemajuan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar?.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa:1).Pembelajaran timbal balik atau reciprocal dapat meningkatkan keterampil teknik passing bawah pada siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Tambahagung 03 Kecamatan Tambakromo,Kabupaten Pati Tahun Pembelajaran 2010-2011.2).Pembelajaran dengan model reciprocal dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam menguikuti kegiatan belajar mengajar.3).Penerapan model pembelajaran reciprocal mempunyai dampak yang positif bagi perkembangan dan kemajuan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research),karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian diskriptif,sebab menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapai.Subyek penelitian adalah seluruh siswa-siswi Kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Tambahagung 03 Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati Tahun Pembelajaran 2010-2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bila dilihat secara menyeluruh datadata yang terlihat dari data awal,siklus I, siklkus II,dan siklus III,ada kenaikan yang signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran timbal balik atau reciprocal meningkatkan keterampilan teknik passing bawah bola voli pada siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Tambahagung 03 Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati Tahun Pembelajaran 2010-2011. Saran penelitian ialah:1).Pelaksanaan model pembelajaran timbal balik atau resiprocal memerlukan persiapan yang cukup matang, sehingga guru harus mampu menentukan atau memilih topik yang benar-benar bisa diterapkan dengan model reciprocal,sehingga diperoleh hasil yang optimal.2).Peningkatan prestasi belajar siswa, banyak faktor yang mempengaruhinya,maka guru hendaknya lebih sering melatih siswa dengan berbagai model pengajaran,walau dalam taraf yang sederhana,agar siswa nantinya dapat menemukan konsep dan keterampilan, sehingga siswa berhasil atau mampu memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya.3).Perlu adanya penelitian yang lebih lanjut,Penelitian yang serupa hendaknya dilakukan perbaikan-perbaikan agar diperoleh hasil yang lebih baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepelatihan, olahraga, bola volly
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2011 00:46
Last Modified: 25 Apr 2015 07:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9066

Actions (login required)

View Item View Item