Keterbacaan Teks Cerita Cekak Ngundhuh Wohing Pakarti pada Siswa Sekolah Dasar


Nurul Khotimah , 2102407190 (2011) Keterbacaan Teks Cerita Cekak Ngundhuh Wohing Pakarti pada Siswa Sekolah Dasar. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keterbacaan Teks Cerita Cekak Ngundhuh Wohing Pakarti pada Siswa Sekolah Dasar]
Preview
PDF (Keterbacaan Teks Cerita Cekak Ngundhuh Wohing Pakarti pada Siswa Sekolah Dasar) - Published Version
Download (856kB) | Preview

Abstract

Buku bacaan yang berkualitas penting sekali dalam menunjang kegiatan pembelajaran. Salah satu kriteria buku bacaan yang berkualitas adalah jika keterbacaan buku tersebut sesuai dengan tingkat usia siswa. Teks yang terlalu mudah, akan menyebabkan siswa mudah bosan membacanya. Begitu sebaliknya teks yang terlalu sulit, akan berakibat pula pada kesulitan siswa memahami isi yang terkandung dalam teks. Mudah dan sulitnya suatu teks berpengaruh pada minat baca siswa. Mengingat minat baca siswa yang masih rendah, maka diperlukan bacaan yang sesuai dengan usia siswa. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya meningkatkan minat baca siswa demi tercapainya tujuan pendidikan. Untuk mengetahui suatu bacaan cocok atau tidak tingkat keterbacaannya dengan tingkatan siswa tertentu, maka diperlukan penelitian keterbacaan terhadap bacaan tersebut. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat keterbacaan teks dan bagaimana pengembangan perbaikan teks yang tidak sesuai dalam buku Ngundhuh Wohing Pakarti? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterbacaan teks buku bacaan dan mengetahui pengembangan perbaikan teks yang tidak sesuai dalam buku bacaan Ngundhuh Wohing Pakarti. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini diambil dari buku bacaan Ngundhuh Wohing Pakarti. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif. Pemaparan hasil analisis data disajikan secara formal dan informal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 17 teks yang diukur keterbacaannya menggunakan grafik Raygor, sebanyak 11 teks atau setara dengan 64,7% teks dalam buku Ngundhuh Wohing Pakarti sesuai dengan tingkatan siswa sekolah dasar dengan perincian 8 teks masuk dalam tingkatan level kelas VI (enam), 2 wacana masuk pada tingkat kelas IV (empat) dan 1 wacana masuk pada tingkat kelas V (lima). Sisanya yakni 6 teks atau setara dengan 35,3% teks dalam buku Ngundhuh Wohing Pakarti tidak sesuai tingkatannya dengan siswa sekolah dasar. Teks-teks yang tidak sesuai tersebut disesuaikan keterbacaannya agar sesuai dengan tingkatan siswa sekolah dasar. Perbaikan keterbacaan disesuaikan dengan tingkat keterbacaan terdekat. Teks-teks yang diperbaiki tersebut adalah Ngundhuh Wohing Pakarti, Cakra Manggilingan, Sapa Sembrana Bakal Cilaka, Aja Dumeh, Sapa Eling Bakal Beja, Beda Papan Beda Aturan. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian bahwa buku Ngundhuh Wohing Pakarti sebaiknya digunakan pada tingkatan sekolah dasar terutama kelas VI. Adapun teks-teks yang tingkat keterbacaannya tidak sesuai dengan kelas tersebut, disesuaikan dengan kelas yang dimaksud. Saran bagi calon peneliti agar dapat melakukan penelitian mengenai buku bacaan lain atau buku pelajaran lain dilihat dari aspek yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: tingkat keterbacaan, teks
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2011 00:27
Last Modified: 25 Apr 2015 07:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9062

Actions (login required)

View Item View Item