Korelasi Campur Kode Bahasa Arab pada Ragam Tindak Tutur dengan Mata Kuliah Khitabah Ilmiyah Mahasiswa Semester IV Program Studi Pendidikan Bahasa Arab


Umi Robitoh , 2303407026 (2011) Korelasi Campur Kode Bahasa Arab pada Ragam Tindak Tutur dengan Mata Kuliah Khitabah Ilmiyah Mahasiswa Semester IV Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Korelasi Campur Kode Bahasa Arab pada Ragam Tindak Tutur dengan Mata Kuliah Khitabah Ilmiyah Mahasiswa Semester IV Program Studi Pendidikan Bahasa Arab]
Preview
PDF (Korelasi Campur Kode Bahasa Arab pada Ragam Tindak Tutur dengan Mata Kuliah Khitabah Ilmiyah Mahasiswa Semester IV Program Studi Pendidikan Bahasa Arab) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Campur kode merupakan hal yang sering dilakukan oleh seseorang yang menguasai bahasa lebih dari satu. Hal ini terjadi karena terjadinya pencampuran dari bahasa satu ke dalam bahasa lainnya pada pelafalan, karena ia akan terbiasa mengucapkan mufrodat bahasa Arab. Campur kode dilakukan oleh mahasiswa dalam berbagai jenis tindak tutur keseharian mahasiswa. akan berdampak pada keterampilan bebicara mahasiswa khususnya pada Mata Kuliah Khitabah Ilmiyah. Dengan seringnya mahasiswa mengucapkan kosakata bahasa Arab dalam keseharian mereka diharapkan mampu membantu mahasiswa dalam menguasai keterampilan berbicara dalam Mata Kuliah Khitabah Ilmiyah. Intensitas campur kode yang dilakukan oleh mahasiswa pada ragam tindak tutur mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Bahasa Arab akan berpengaruh pada prestasi akademik mereka dalam Mata Kuliah Khitabah Ilmiyah atau tidak? Karena selama ini adanya asumsi bahwa semakin seringnya mahasiswa melakukan campur kode bahasa Arab dalam berkomunikasi, maka keterampilan berbicara dalam Mata Kuliah Khitabah Ilmiyah juga akan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui wujud, jenis dan faktor yang menyebabkan terjadinya campur kode pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Selain itu juga meneliti tentang ada tidaknya pengaruh keseringan campur kode yang dilkukan oleh mahasiswa dennan keterampilan berbicara mereka dalam bahasa Arab pada mata kuliah Khitabah Ilmiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kulitatif. Penelitian yang dipaparkan sara deskriptif kualitatif . Adapun pendekatan yang digunakan untuk mengnlisis adalah pendekatan korelasi dan sosiopragmatik Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, teknik simak, dokumetasi dan angket. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara campur kode bahasa Arab pada ragam tindak tutur dengan Mata Kuliah Khitabah Ilmiyah mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Hal ini dibuktikan dengan hasil korelasi antara keseringan mencampur kode bahasa Arab pada ragam tindak tutur dengan Mata Kuliah Khitabah Ilmiyah mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Bahasa Arab adalah sebesar 0,99. Dari hasil tersebut menunjukkan adanya korelasi yang besar antara hubungan antara campur kode bahasa Arab pada ragam tindak tutur dengan Mata Kuliah Khitabah Ilmiyah mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Campur Kode, Tindak Tutur dan Khitabah Ilmiyah
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 21 Nov 2011 01:55
Last Modified: 25 Apr 2015 07:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9021

Actions (login required)

View Item View Item