PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KELAS X SMA NEGERI 1 SULANG KECAMATAN SULANG KABUPATEN REMBANG TAHUN 2008/2009


Zaenudin , 3101404062 (2009) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KELAS X SMA NEGERI 1 SULANG KECAMATAN SULANG KABUPATEN REMBANG TAHUN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KELAS X SMA NEGERI 1 SULANG KECAMATAN SULANG KABUPATEN REMBANG TAHUN 2008/2009]
Preview
PDF (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KELAS X SMA NEGERI 1 SULANG KECAMATAN SULANG KABUPATEN REMBANG TAHUN 2008/2009) - Published Version
Download (703kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal terhadap pembelajaran Sejarah kelas X/6 SMA Negeri 1 Sulang, diperoleh gambaran bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran, penyajian guru cenderung monoton dengan menggunakan ceramah, kurangnya variasi dalam pembelajaran dan suasana pembelajaran yang kurang menyenangkan. Berdasarkan hal itu maka kompetensi yang ingin dicapai belum optimal. Salah satu upaya pencapian kompetensi pembelajaran yaitu dengan perbaikan pembelajaran. Salah satu alternatifnya dengan penerapan metode pembelajaran Inquiry. Aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar yang masih minim merupakan salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar serta berdampak pada rendahnya tingkat ketuntasan klasikal atau kelulusan klasikal. Penelitian ini bermaksud untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang sekaligus akan meningkatkan ketuntasan klasikal, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian tindakan kelas ini adalah : apakah dengan penerapan metode pembelajaran Inquiry pada pembelajaran sejarah mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa, 2) Mengetahui bagaimana proses penggunaan metode Inquiry pada pembelajaran sejarah agar lebih efektif dan efisien. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk: 1) membantu mempermudah siswa dalam menguasai materi sesuai standar kompetensi dan kompetensi dasar, 2) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajran sejarah, 3) meningkatkan sikap mental, dan rasa tanggung jawab siswa dalam menyelesaikan tugas dari guru yang nantinya berguna bagi siswa dalam kehidupan bermasyarakat, 4) membantu pencapaian target ketuntasan belajar, 5) menambah referensi guru tentang pendekatan pengajaran, sehingga siswa tidak mengalami kebosanan, dan 6) meningkatkan kemampuan guru dalam membuat persiapan pengajaran, sehingga nantinya KBM dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan (planning), tindakan (Acting), pengamatan (Observing), dan Refleksi (Reflecting). Setiap akhir siklus di lakukan refleksi atau evaluasi untuk mengetahui perkembangan yang terjadi dan untuk menentukan strategi berikutnya dalam pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran Inquiry. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa yakni 60,42% pada masa pra siklus, 70,76% pada siklus I dan 84,10% siklus II. Hasil belajar (nilai rata-rata) mengalami peningkatan dari 64,37% pada masa pra siklus, 70,24% pada siklus I dan 77,30% pada siklus II. Sejalan dengan hasil belajar, tingkat ketuntasan klasikal-pun mengalami peningkatan yakni 58,33% pada masa pra siklus, 77,78% pada siklus I dan 97,22% pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Inquiry dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan ktivitas dan hasil belajar. Pendekatan Inquiry diharapkan dapat diterapkan pada materi yang lain dengan tujuan meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Inquiry
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2011 06:41
Last Modified: 25 Apr 2015 04:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/897

Actions (login required)

View Item View Item