UPAYA MEMPERMUDAH PROSEDUR PERIZINAN MELALUI KUALITAS PELAYANAN PADA BADAN KESBANGPOL DAN LINMAS KOTA SEMARANG


ASRIYANTI WULANDARI , 7351307053 (2010) UPAYA MEMPERMUDAH PROSEDUR PERIZINAN MELALUI KUALITAS PELAYANAN PADA BADAN KESBANGPOL DAN LINMAS KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of UPAYA MEMPERMUDAH PROSEDUR PERIZINAN MELALUI KUALITAS PELAYANAN PADA BADAN KESBANGPOL  DAN LINMAS KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (UPAYA MEMPERMUDAH PROSEDUR PERIZINAN MELALUI KUALITAS PELAYANAN PADA BADAN KESBANGPOL DAN LINMAS KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (152kB) | Preview

Abstract

Asriyanti Wulandari. 2010. “Upaya mempermudah Prosedur Perizinan Melalui Kualitas Pelayanan Pada Badan Kesbangpol dan Linmas Kota Semarang“. Tugas Akhir. Program Studi Manajemen Perkantoran D3, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. Kata kunci : Prosedur, Pelayanan Publik/Umum, Kualitas Pelayanan, Perkembangan kehidupan masyarakat dewasa ini cenderung semakin kompleks. Hal ini ditandai dengan semakin beragamnya dan meningkatnya harapan masyarakat atas terpenuhinya kebutuhan pokok (public goods). Namun seringkali upaya pemenuhan harapan masyarakat tersebut dihadapkan pada makin terbatasnya sumber-sumber daya yang ada. Mengingat penyelenggaraan kebutuhan pokok masyarakat merupakan kewajiban yang diurus oleh pemerintah, maka ketika terjadi kesenjangan antara harapan dan kenyataan dalam pemenuhanya, pemerintah harus bertanggung jawab. Artinya Pemerintah harus mengelola dan mengurus dengan baik pelayanan umum agar kesejahteraan masyarakat tetap terwujud (Bambang Istianto,2009:1). Tujuan penelitian Tugas Akhir ini adalah : 1) Untuk mengetahui prosedur-prosedur perizinan yang terdapat pada Badan Kesbangpol dan Linmas Kota Semarang. 2) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi Badan Kesbangpol dan Linmas dalam memberikan pelayanan. 3) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan guna mempermudah prosedur perizinan melalui kualias pelayanan Kesimpulan, 1) Prosedur pengajuan atas izin-izin yang ada pada Badan Kesbangpol dan Linmas Kota Semarang antara lain untuk Izin riset/penelitian dan Ijin Kuliah Kerja Nyata/Kuliah Kerja Lapangan/Praktek Kerja Lapangan, Izin Pendaftaran Organisasi Kemasyarakatan(LSM) dan Organisasi Profesi, dan Izin Pendirian Tempat Ibadah dan Kegiatan Keagamaan meliputi Proses Pendaftaran Penelitian kelengkapan, mengisi buku daftar pelayanan, menunggu surat izin diproses sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan,untuk izin riset/observasi dan izin KKN/KKL/PKL surat yang sudah jadi langsung difotocopy sesuai kebutuhan dan menyerahkan 1 lembar fotocopyan kepada petugas untuk arsip. 2) Kendala-kendala pemberian tugas di luar pelayanan terhadap pegawai yang menangani pelayanan dan belum adanya sosialisasi mengenai prosedur pelayanan perizinan. 3) Upaya Mempermudah Prosedur Pelayanan Melalui Kualitas Pelayanan Pada Badan Kesbangpol dan Linmas Kota Semarang dengan fasilitas yang nyaman,prosedur yang mudah,bersedia mendengarkan keluhan,dan memahami kebutuhan pemohon dan ramah. Saran, 1) Hendaknya diberikan anggaran khusus sosialisasi prosedur pelayanan perizinan pada Badan Kesbangpol dan Linmas Kota Semarang agar pelayanan berjalan dengan maksimal dan pihak yang membutuhkan puas dengan kinerja pelayanan publik yang diberikan oleh Badan Kesbangpol dan Linmas Kota Semarang..

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prosedur, Pelayanan Publik/Umum, Kualitas Pelayanan,
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen Perkantoran, D3
Depositing User: Users 3260 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 11:31
Last Modified: 20 Nov 2011 11:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8832

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item