PENGARUH PERSEPSI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PENGALAMAN DIKLAT TERHADAP KINERJA GURU EKONOMI/AKUNTANSI SMA DI SRAGEN
Fitria Rahmawati , 3301405549 (2010) PENGARUH PERSEPSI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PENGALAMAN DIKLAT TERHADAP KINERJA GURU EKONOMI/AKUNTANSI SMA DI SRAGEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
This is the latest version of this item.
Microsoft Word (PENGARUH PERSEPSI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PENGALAMAN DIKLAT TERHADAP KINERJA GURU EKONOMI/AKUNTANSI SMA DI SRAGEN)
- Published Version
Download (53kB) |
Abstract
Fitria Rahmawati. 2010. Pengaruh Persepsi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengalamn Diklat Terhadap kinerja Guru Ekonomi/Akuntansi SMA di Sragen. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. 91 Hal Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Diklat dan Kinerja guru Keberhasilan guru dalam proses pembelajaran sangat ditentukan oleh kinerja guru sebagai pendidik. Seorang guru disebut sebagai guru profesional apabila memilki kemampuan dalam mewujudkan kinerja profesi guru dengan sebaik-baiknya dalam mencapai tugas keprofesionalannya. Agar dapat tercapai keprofesionalannya tersebut bukan hanya dibutuhkan kemampuan intelektual yang tinggi, merencanakan pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran saja tetapi persepsi mengenai kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengalamn Diklat juga merupakan faktor penting yang ikut mempengaruhi kinerja seorang guru, meskipun ada faktor-faktor lain yang terkait. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah persepsi guru mengenai kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru ekonomi/akuntansi SMA di Sragen. 2) Apakah pengalaman Diklat berpengaruh terhadap kinerja guru ekonomi/akuntansi SMA di Sragen. 3) Apakah persepsi kepemimpinan kepala sekolah dan pengalaman Diklat berpengaruh terhadap kinerja guru ekonomi/akuntansi SMA di Sragen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru ekonomi/akuntansi SMA Sragen yang berjumlah 31 guru. Variabel yang diteliti terdiri dari persepsi kepemimpinan kepala sekolah (X1), pengalaman diklat (X2), dan kinerja guru (Y). Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan pengalaman diklat secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja gurur ekonomi/akuntansi SMA Sragen. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa kinerja guru guru ekonomi /akuntansi SMA Sragen sudah baik tetapi masih perlu ditingkatkan karena belum optimal. Adanya hubungan yang signifikan antara persepsi kepemimpinan kepala sekolah, pengalaman diklat dan kinerja guru ekonomi/akuntansi SMA Sragen perlu diperhatikan agar dapat menjadi fungsional dalam meningkatkan kinerja guru pada tahun-tahun yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Kepala Sekolah, Diklat dan Kinerja guru |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1 |
Depositing User: | Users 3260 not found. |
Date Deposited: | 20 Nov 2011 11:34 |
Last Modified: | 20 Nov 2011 11:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8800 |
Available Versions of this Item
-
PENGARUH PERSEPSI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PENGALAMAN DIKLAT TERHADAP KINERJA GURU EKONOMI/AKUNTANSI SMA DI SRAGEN. (deposited 20 Nov 2011 11:35)
- PENGARUH PERSEPSI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PENGALAMAN DIKLAT TERHADAP KINERJA GURU EKONOMI/AKUNTANSI SMA DI SRAGEN. (deposited 20 Nov 2011 11:34) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |