PERAN GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT ALAT TANGAN SISWA KELAS X JURUSAN MEKANIK OTOMOTIF SMK PELITA NUSANTARA 2 SEMARANG


Jainal Arifin , 5201405535 (2010) PERAN GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT ALAT TANGAN SISWA KELAS X JURUSAN MEKANIK OTOMOTIF SMK PELITA NUSANTARA 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PERAN GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT ALAT TANGAN SISWA KELAS X JURUSAN MEKANIK OTOMOTIF SMK PELITA NUSANTARA 2 SEMARANG] Microsoft Word (PERAN GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT ALAT TANGAN SISWA KELAS X JURUSAN MEKANIK OTOMOTIF SMK PELITA NUSANTARA 2 SEMARANG) - Published Version
Download (51kB)

Abstract

Arifin, Jainal. 2010. Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa pada Mata Diklat Alat Tangan Siswa Kelas X Jurusan Mekanik Otomotif SMK Pelita Nusantara 2 Semarang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Drs. Boenasir, M.Pd dan Drs. Suratno Margo Sulistyo. Penelitian ini mengungkapkan permasalahan yaitu: Sejauh mana peran guru dalam memotivasi belajar siswa pada mata diklat alat tangan siswa kelas X Jurusan Mekanik Otomotif SMK Pelita Nusantara 2 Semarang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran guru dalam memotivasi belajar siswa pada mata diklat alat tangan siswa kelas X Jurusan Mekanik Otomotif SMK Pelita Nusantara 2 Semarang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Pelita Nusantara 2 Semarang dengan jumlah siswa 200 siswa. Sampel diambil dengan metode simple random sampling dari semua kelas X. Banyaknya sampel diambil dengan rumus slovin, dan didapat sampel penelitian 100 siswa. Ananlisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase. Peran guru dalam memotivasi belajar mata diklat alat tangan siswa kelas X Jurusan Mekanik Otomotif SMK Pelita Nusantara 2 Semarang saat ini masih dalam kategori sedang yang ditunjukan dengan angka sebesar 65,78%. Keberadaan peran guru yang belum optimal tersebut tentunya akan berdampak pada motivasi belajar siswa dalam mengikuti pelajaran yang diampu guru yang bersangkutan tersebut, hal itu dibuktikan melalui penelitian ini dimana saat ini motivasi belajar mata diklat alat tangan siswa kelas X Jurusan Mekanik Otomotif SMK Pelita Nusantara 2 Semarang juga baru dalam kategori sedang dengan rata-rata skor 34,80 dengan persentase skor 69,92%. Dari 100 siswa yang menjadi responden dalam penelitian ini, 62,00% diantaranya baru memiliki motivasi belajar dalam kategori sedang, dan sisanya yaitu 5,00% dalam kategori tinggi, 31,00% dalam kategori rendah serta 2,00% dalam kategori sangat rendah. Bagi pihak sekolah hendaknya berusaha untuk selalu meningkatkan kuantitas maupun kualitas fasilitas belajar mengajar mata diklat alat tangan agar kegiatan belajar yang dilaksanakan guru dapat optimal sehingga dapat memotivasi siswa untuk lebih giat dalam belajar. Kata kunci : Peran Guru dan Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru dan Motivasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 3260 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 11:39
Last Modified: 20 Nov 2011 11:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8756

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item