UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH KELAS XI IPS I MA NU 05 GEMUH KABUPATEN KENDAL MELALUI PENERAPAN MODEL EVERYONE IS TEACHER HERE DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR TAHUN AJARAN 2009/2010


Luklu’il Maghnunah , 3101406585 (2011) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH KELAS XI IPS I MA NU 05 GEMUH KABUPATEN KENDAL MELALUI PENERAPAN MODEL EVERYONE IS TEACHER HERE DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH KELAS XI IPS I MA NU 05 GEMUH KABUPATEN KENDAL MELALUI PENERAPAN MODEL EVERYONE IS TEACHER HERE DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR  TAHUN AJARAN 2009/2010]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH KELAS XI IPS I MA NU 05 GEMUH KABUPATEN KENDAL MELALUI PENERAPAN MODEL EVERYONE IS TEACHER HERE DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR TAHUN AJARAN 2009/2010)
Download (123kB) | Preview

Abstract

Luklu’il Maghnunah. 2010 Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Kelas XI IPS I MA NU 05 Gemuh Kabupaten Kendal Melalui penerapan Model Everyone Is Teacher Here Dengan Media Gambar Dalam Proses Belajar Mengajar Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi Jurusan Sejarah, FIS UNNES. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Kata kunci : Prestasi belajar, pembelajaran sejarah, model pembelajaran everyone is teacher here, media gambar Prestasi belajar siswa MA NU 05 Gemuh kelas XI IPS I belum optimal. Prestasi belajar ini dilihat dari hasil belajar siswa. Rata-rata kelas hanya mencapai 60,05 dengan (KKM) Kriteria Ketuntasan Minimal 65 dengan indikator keberhasilan adalh 75. Pada saat pembelajaran sejarah, masih berrsifat guru sentris. Kebanyakan siswa hanya mencatat apa yang dianggap penting dari penjelasan guru. Minat siswa untuk menanyakan tentang materi yang dipelajari sangat rendah. Mereka hanya diam meskipun belum paham apa yang dijelaskan. Proses pembelajaran yang kurang bervariasi menjadikan minat siswa rendah. Oleh karena itu, perlu adanya penelitan tindakan kelas untuk memperbaiki kondisi tersebut. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Pada tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Model pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Everyone Is Teacher Here dengan media gambar. Model pembelajaran Everyone Is Teacher Here merupakan model pembelajaran yang digunakan untuk mendapatkan partisipasi kelas besar dan tanggung jawab individu. Media gambar adalah media yang paling umum, yang dapat dimengerti dan dinikmati dimana-mana. Dari penelitian diperoleh hasil belajar pra siklus untuk rata-rata 60,05 dengan presentase ketuntasan klasikal 55,55%. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 67,78 dengan presentase ketuntasan klasikal 69,44%. Pada siklus II diperoleh nila rata-rata 75,83 dengan presentase ketuntasan klasikal 88,89% dan sudah memenuhi indikator keberhasilan yaitu KKM (kriteria ketuntasan minimal) 65 dan ketuntasan klasikal 75%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Everyone Is Teacher Here dengan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar sejarah kelas XI IPS I MA NU 05 Gemuh. Oleh karena itu, model pembelajaran Everyone Is Teacher Here dengan media gambar dapat dijadikan sebagai salah satu model pembelajaran alternatif pada mata pelajaran sejarah pada Sekolah Menengah Atas. Diharapkan pula kepada guru-guru agar mampu membuat media pengajaran sesederhana mungkin dengan segala keterbatasan yang ada agar proses belajar mengajar lebih bervariasi dan meningkatkan minat siswa. viii

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, pembelajaran sejarah, model pembelajaran everyone is teacher here, media gambar
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 11:51
Last Modified: 20 Nov 2011 11:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8619

Actions (login required)

View Item View Item