MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT ILMU BANGUNAN GEDUNG PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BANGUNAN DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE PEMBELAJARAN TRADE A-PROBLEM DAN STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DI SMK NEGERI 7 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2008/ 2009


Wulan Fitri Setyowati , 5101404001 (2009) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT ILMU BANGUNAN GEDUNG PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BANGUNAN DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE PEMBELAJARAN TRADE A-PROBLEM DAN STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DI SMK NEGERI 7 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2008/ 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT ILMU BANGUNAN GEDUNG PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BANGUNAN DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE PEMBELAJARAN TRADE A-PROBLEM DAN STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DI SMK NEGERI 7 SEMARA]
Preview
PDF (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT ILMU BANGUNAN GEDUNG PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BANGUNAN DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE PEMBELAJARAN TRADE A-PROBLEM DAN STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DI SMK NEGERI 7 SEMARA) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah yang dikaji adalah: (1) Adakah perbedaan peningkatan keaktifan belajar mata diklat Ilmu Bangunan Gedung pada siswa yang proses pembelajarannya menggunakan kombinasi metode Trade A-Problem dan Student Teams Achivement Division (STAD) dibandingkan dengan yang menggunakan metode Konvensional (Ceramah); (2) Adakah perbedaan peningkatan hasil belajar mata diklat Ilmu Bangunan Gedung pada siswa yang proses pembelajarannya menggunakan kombinasi metode Trade A-Problem dan Student Teams Achivement Division (STAD) dibandingkan dengan yang menggunakan metode Konvensional (Ceramah). Sampel penelitian adalah siswa kelas X program keahlian teknik konstruksi bangunan di SMK Negeri 7 Semarang tahun pelajaran 2008/ 2009, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas X TKB 1 dan X TKB 2. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa sedangkan observasi digunakan untuk mengamati keaktifan siswa dalam pembelajaran di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan keaktifan dan hasil belajar mata diklat Ilmu Bangunan Gedung pada siswa yang mendapatkan pengajaran dengan menggunakan metode Trade A-Problem dan STAD hasilnya lebih tinggi dibandingkan yang menggunakan metode konvensional (ceramah). Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan metode Trade A-Problem dan STAD lebih efektif dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata diklat Ilmu Bangunan Gedung dibandingkan metode konvensional (ceramah).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Trade A-Problem dan Student Teams Achivement Division (STAD), Keaktifan belajar, Hasil belajar Ilmu Bangunan Gedung.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2011 02:16
Last Modified: 25 Apr 2015 04:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/859

Actions (login required)

View Item View Item