PEMANFAATAN MEDIA PETA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI SE- KOTA PEKALONGAN


Anita Puspitasari , 3201404503 (2009) PEMANFAATAN MEDIA PETA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI SE- KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMANFAATAN MEDIA PETA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI SE- KOTA PEKALONGAN]
Preview
PDF (PEMANFAATAN MEDIA PETA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI SE- KOTA PEKALONGAN) - Published Version
Download (735kB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran setiap bidang studi diperlukan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran. Peranan guru dalam memilih sumber belajar dan media pembelajaran yang sesuai sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran, baik yang dilakukan dalam kelas maupun di luar kelas. Media dalam proses belajar mengajar sangat dibutuhkan karena proses belajar seseorang dimulai dari tingkat yang konkrit (pengalaman langsung) menuju ke tingkat abstrak dalam bentuk lambang kata, sehingga dengan demikian dapat dihindari terjadinya pengetahuan yang bersifat verbalistik. Oleh karena itu, media peta dalam pembelajaran IPS tidak dapat dilepaskan sebagai media yang mempunyai nilai lebih. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah: bahwa pemanfaatan media peta dalam pembelajaran oleh guru IPS di SMP Negeri se- Kota Pekalongan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data objektif tentang pemanfaatan media peta oleh guru sebagai media belajar dalam pembelajaran IPS. Populasi dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS di SMP Negeri se- Kota Pekalongan yaitu sebanyak 41 guru dan sampel penelitian sebanyak 20 orang guru IPS yang mengajar di kelas IX sedangkan teknik yang digunakan adalah total sampling dan 30 orang siswa yang diambil dari 10 orang siswa yang mewakili 3 sekolah, sedangkan teknik yang digunakan adalah proporsional random sampling. Variabel yang diteliti yaitu pemanfaatan media peta dalam pembelajaran IPS yaitu: (1) Frekuensi penggunaan peta dalam proses belajar mengajar, (2) Kesesuaian peta dengan pokok bahasan yang disajikan oleh guru, (3) Keterlibatan siswa dalam pemanfaatan media peta dalam proses belajar mengajar. Data diambil dengan teknik kuesioner(angket), observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian diketahui ketersediaan media peta di sekolah di samping jenisnya yang terbatas yaitu 1-2 buah pada setiap jenisnya, jumlah media peta di sekolah juga masih kurang. sehingga apabila guru menerangkan siswa kurang jelas melihatnya sehingga siswa sulit untuk menangkap penjelasan guru. Pemanfaatan media peta sebagai media pembelajaran oleh guru di sekolah kurang maksimal. Terdapat pula beberapa SMP Negeri yang belum memanfaatkan media peta secara maksimal. Dari hasil penelitian menunjukkan sebagian guru ada yang belum memanfaatkan media peta karena keterbatasan ketersediaan media peta yang ada di sekolah terlalu sedikit dan kondisinya pun kurang layak untuk dijadikan media pembelajaran. Faktor yang menjadi hambatan yang muncul bila guru memanfaatkan media peta adalah hambatan yang cenderung bersifat intern di dalam lingkungan sekolah dan guru itu sendiri, namun ini menjadi komponen penting yang perlu diperhatikan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dimana alokasi waktu selama pelajaran kurang mencukupi, sehingga pemanfaatan media peta dalam pembelajaran IPS kurang maksimal. Selain itu juga latar belakang pendidikan guru IPS juga mempengaruhi. Guru IPS yang mempunyai latar belakang selain dari geogarafi kurang menguasai peta, karena yang mempunyai latar belakang selain geografi pada saat kuliah tidak pernah mendapat pelajaran mengenai peta secara khusus. Dari hasil perhitungan maka dapat dikatakan bahwa pemanfaaatan media peta dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri se- Kota Pekalongan memperoleh persentase sebesar 62,50%%. Hasil tersebut sesuai dengan kriteria persentase termasuk kriteria Kurang Baik (KB). Saran yang dapat diberikan peneliti adalah sekolah hendaknya mampu menambah serta memperbaharui peta-peta yang sudah ada sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan dapat mencapai hasil yang lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan media peta, pembelajaran IPS
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2011 01:42
Last Modified: 25 Apr 2015 04:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/853

Actions (login required)

View Item View Item