PERSEPSI GURU NON PENJASORKES TERHADAP KINERJA GURU PENJASORKES TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PECALUNGAN KABUPATEN BATANG TAHUN 2008/2009


INDRA BAGUS PANUNTUN , 6101404530 (2009) PERSEPSI GURU NON PENJASORKES TERHADAP KINERJA GURU PENJASORKES TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PECALUNGAN KABUPATEN BATANG TAHUN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERSEPSI GURU NON PENJASORKES TERHADAP KINERJA GURU PENJASORKES TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PECALUNGAN KABUPATEN BATANG TAHUN 2008/2009]
Preview
PDF (PERSEPSI GURU NON PENJASORKES TERHADAP KINERJA GURU PENJASORKES TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PECALUNGAN KABUPATEN BATANG TAHUN 2008/2009) - Published Version
Download (743kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian adalah bagaimana persepsi guru non penjasorkes terhadap kinerja guru penjasorkes tingkat SD Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang tahun ajaran 2008/2009? Tujuan penelitian untuk mengetahui kinerja guru penjasorkes tingkat SD Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang tahun ajaran 2008/2009. Populasi penelitian ini adalah guru non penjasorkes tingkat Sekolah Dasar se Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 56 orang. Pengambilan sampel dengan teknik total sampling yaitu mengambil seluruh guru non penjasorkes tingkat Sekolah Dasar se Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang tahun pelajaran 2008/2009 sebanyak 56 orang sebagai sampel. Variabel penelitian ini adalah persepsi guru non penjasorkes terhadap kinerja guru penjasorkes tingkat Sekolah Dasar Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan statistik angket. Data dianalisis menggunakan deskriptif dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan kinerja guru penjasorkes aspek kepribadian baik persentase skor 82,59%, aspek kompetensi pedagogik cukup baik persentase skor 72,54%, aspek kompetensi profesional cukup baik persentase skor 76,41% dan aspek kompetensi sosial cukup baik persentase skor 69,35%. Diantara aspek yang ada paling kecilnya persentase kompetensi sosial dikarenakan masih banyaknya guru penjasorkes yang kurang mampu memberikan ide dengan bahasa yang baik bagi kemajuan dalam proses belajar mengajar maupun kurang aktif dalam kegiatan sosial di lingkungannya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan cukup baik. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu persepsi dari guru non penjasorkes terhadap kinerja guru penjasorkes tingkat Sekolah Dasar di Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang baru dalam kategori cukup, maka penulis memberikan saran : 1) Hendaknya guru penjasorkes tingkat Sekolah Dasar di Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang berusaha meningkatkan kompetensinya sebagai pendidik melalui berbagai media baik membaca berbagai literatur kependidikan maupun lebih aktif dalam mengikuti penataran, pelatihan, seminar, maupun workshop guru yang dilaksanakan instansi terkait, dan 2) Bagi sekolah hendaknya turut berusaha mengembangkan kompetensi guru dengan memberikan kesempatan dan fasilitas dan motivasi kepada guru penjasorkes dalam mengembangkan kompetensinya sebagai guru yang professional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2011 01:24
Last Modified: 25 Apr 2015 04:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/851

Actions (login required)

View Item View Item