Efektifitas Model Pembelajaran Student Team Heroic Leadership Dengan Reading Guide Pada Pokok Bahasan Pesawat Sedrhana


Rizki Nurdiana, 4201406534 (2011) Efektifitas Model Pembelajaran Student Team Heroic Leadership Dengan Reading Guide Pada Pokok Bahasan Pesawat Sedrhana. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektifitas Model Pembelajaran Student Team Heroic Leadership Dengan Reading Guide Pada Pokok Bahasan Pesawat Sedrhana]
Preview
PDF (Efektifitas Model Pembelajaran Student Team Heroic Leadership Dengan Reading Guide Pada Pokok Bahasan Pesawat Sedrhana) - Published Version
Download (103kB) | Preview

Abstract

Nurdiana, Rizki. 2010. Efektifitas Model Pembelajaran Student Team Heroic Leadership Dengan Reading Guide Pada Pokok Bahasan Pesawat Sedrhana. Skripsi, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Sukiswo S Edi, M.Si, Pembimbing II: Dra. Upik Nurbaiti, M. Si. Kata kunci: Student Team Heroic Leadership, Reading Guide, Efektifitas. Berdasarkan hasil observasi, proses pembelajaran di MTs Sudirman Ngampin masih menggunakan metode ceramah dan salah satu guru menjelaskan bahwa nilai rata-rata rapor semester I kelas VIII mata pelajaran IPA rendah yaitu sebesar 62,08 sehingga perlu untuk ditingkatkan. Oleh sebab itu, diperlukan model pembelajaran yang menarik dan melibatkan keaktifan peserta didik yaitu dengan model pembelajaran Student Team Heroic Leadership dengan pemberian Reading Guide sebagai panduan yang diisi peserta didik secara berkelompok sebelum diskusi agar setiap peserta didik memiliki jiwa kepemimpinan dan semangat kepahlawanan akademik dalam setiap kelompok. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIIIA sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen. Data yang diperoleh dari dengan metode tes menunjukkan nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen sebesar 74,20 dengan ketuntasan klasikal 90% dan kelas kontrol sebesar 68,17 dengan ketuntasan klasikal 69,57%, sedangkan prosentase rata-rata aktivitas peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 65,56% dan kelas kontrol sebesar 55,56%. Berdasarkan nilai rata-rata post test dan aktivitas peserta didik disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Team Heroic Leadership dengan Reading Guide lebih efektif daripada model pembelajaran Student Team Heroic Leadership.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Student Team Heroic Leadership, Reading Guide, Efektifitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 3313 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 12:04
Last Modified: 20 Nov 2011 12:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8464

Actions (login required)

View Item View Item