PENGARUH PELAYANAN, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA
Muhammad Huda Maulana, 3352403530 (2011) PENGARUH PELAYANAN, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF (PENGARUH PELAYANAN, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA)
Download (111kB) | Preview |
Abstract
M Huda Maulana. 2010. Pengaruh Pelayanan, Promosi dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pembeli Sepeda Motor Yamaha (Studi kasus pada PT. Yamaha Harpindo Jaya Cabang Ngalian Semarang) . Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci : Pelayanan, Promosi, Harga, Kepuasan Konsumen Kepuasan merupakan tingkat perasaan dimana seseorang merasakan hasil perbandingan atas kinerja produk/ jasa yang diterima dan diharapkan (Kotler, 2000: 24). Apabila konsumen tidak puas maka konsumen tidak akan melakukan pembelian ulang terhadap produk perusahaan, akibatnya konsumen perusahaan akan berkurang. Rangsangan pemasaran yang diimplementasikan oleh para pemasar melalui bauran pemasaran akan menghasilkan kepuasan pelanggan (Usmara, 2003:111). Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh antara faktor pelayanan, promosi dan harga terhadap kepuasan konsumen?, (2) Faktor manakah yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah faktor pelayanan, promosi dan harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen?, (2) Untuk mengetahui faktor manakah yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen?. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah melakukan pembelian sepeda motor Yamaha di dealer Harpindo Jaya cabang Ngalian. Penetapan responden secara Accidental Sampling. Ukuran sampel ditentukan berdasarkan rumus Sitepu dan diperoleh 120 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara pelayanan, harga, promosi, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen baik secara simultan maupun secara parsial. Dari hasil analisis regresi diperoleh persamaan Y = 0.541 + 0,189X1 + 0,753X2 + 0,146X3. Nilai R2 sebesar 0,885 menunjukkan secara simultan pelayanan, promosi, dan harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 88,5%. Sedangkan secara parsial pelayanan memiliki pengaruh sebesar 12,46%, pormosi berpengaruh sebesar 64,32% dan harga berpengaruh sebesar 7,78%. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara pelayanan, promosi, dan harga secara simultan dan parsial terhadap kepuasan konsumen. Saran bagi pihak pengelola PT. Yamaha Harpindo Jaya cabang Ngaliyan Semarang adalah agar pihak pengelola selalu memperhatikan strategi pelayanan, promosi, dan harga karena ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh yang tinggi terhadap kepuasan konsumen.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan, Promosi, Harga, Kepuasan Konsumen |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1 |
Depositing User: | Users 3263 not found. |
Date Deposited: | 20 Nov 2011 12:07 |
Last Modified: | 20 Nov 2011 12:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8424 |
Actions (login required)
View Item |