efektivitas, pendekatan pembelajaran berbasis DD/CT, aktivitas dan hasil belajar siswa


Wahyu Anggoro Setyaji, 7101406635 (2011) efektivitas, pendekatan pembelajaran berbasis DD/CT, aktivitas dan hasil belajar siswa. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang (UNNES).

[thumbnail of efektivitas, pendekatan pembelajaran berbasis DD/CT, aktivitas dan hasil belajar siswa]
Preview
PDF (efektivitas, pendekatan pembelajaran berbasis DD/CT, aktivitas dan hasil belajar siswa)
Download (251kB) | Preview

Abstract

Setyaji, Wahyu Anggoro, 2010. ” Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Masehi PSAK Ambarawa”. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dra. Sri Kustini. Pembimbing II: Drs. Gunawan Hadi, SH. CN. Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi. Prestasi belajar merupakan suatu penilaian penting yang dapat mengukur tingkatan atau hasil belajar siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar disekolah, sehingga dapat diketahui apakah proses kegiatan belajar tersebut telah berhasil atau tidak. Hal di atas, membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga, motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar akuntansi kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Masehi PSAK Ambarawa secara simultan dan parsial Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Masehi PSAK Ambarawa yang berjumlah 39 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis secara simultan (uji F) dan parsial pada level signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis regesi linier berganda diperoleh persamaan regesi Y = -3,059 + 0,653X1 + 0,334X2 + 0,759X3. Uji secara simultan dengan uji F diperoleh F hitung = 24,318 dengan probabiltias 0.000 < 0.05, yang berarti secara simultan ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga, motivasi belajar dan disiplin belajar dengan prestasi belajar akuntansi. Uji keberartian persamaan regresi secara parsial dengan uji t diperoleh thitung untuk variabel lingkungan keluarga sebesar 4,573 dengan probabilitas 0.000 < 0.05, yang berarti secara parsial ada hubungan yang nyata antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar akuntansi, dan untuk variabel motivasi belajar diperoleh thitung sebesar 2,674 dengan probabilitas 0.011 < 0.05, yang berarti secara parsial ada hubungan yang nyata antara motivasi belajar dengan prestasi belajar akuntansi sedangkan untuk variabel disiplin belajar diperoleh thitung sebesar 3,802 dengan probabilitas 0,001 < 0.05, yang berarti secara parsial, ada hubungan yang nyata antara disiplin belajar dengan prestasi belajar akuntansi. Simpulan dari penelitian ini adalah variabel lingkungan keluarga, motivasi belajar dan disiplin belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap besarnya variabel prestasi belajar akuntansi kelas XI program keahlian akuntansi di SMK Masehi PSAK Ambarawa baik secara simultan maupun secara parsial, dengan besar pengaruh secara simultan sebesar 64,8%. Saran bagi orang tua hendaknya meningkatkan perhatian dan menciptakan suasana belajar yang nyaman dan tenang. Bagi siswa hendaknya meningkatkan ketekunan dalam menghadapi tugas akuntansi dan disiplin dalam menepati jadwal belajar yang telah dibuat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 3314 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 12:09
Last Modified: 20 Nov 2011 12:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8398

Actions (login required)

View Item View Item