SURVEI TINGKAT KELINCAHAN SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR NEGERI DI DABIN TIGA KECAMATAN SULANG KABUPATEN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010


PENI WIDATI WULANSARI, 6101908047 (2011) SURVEI TINGKAT KELINCAHAN SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR NEGERI DI DABIN TIGA KECAMATAN SULANG KABUPATEN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of SURVEI TINGKAT KELINCAHAN SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR NEGERI DI DABIN TIGA  KECAMATAN SULANG KABUPATEN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010]
Preview
PDF (SURVEI TINGKAT KELINCAHAN SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR NEGERI DI DABIN TIGA KECAMATAN SULANG KABUPATEN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010)
Download (166kB) | Preview

Abstract

Peni Widati Wulansari. Survei Tingkat Kelincahan Siswa Laki – Laki Dan Perempuan Kelas Rendah Di Dabin Tiga Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2009 / 2010. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah tingkat kelincahan yang diberlakukan terhadap anak laki-laki dan perempuan pada kelas rendah bagi siswa SD Negeri di Dabin Tiga Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2009 / 2010?, sedangkan tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui tingkat kelincahan siswa laki-laki dan perempuan kelas rendah pada siswa Sekolah Dasar Negeri di Dabin Tiga Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa laki-laki dan perempuan kelas rendah di dabin tiga sekolah dasar negeri pada Tahun Pelajaran 2009 / 2010 yang jumlahnya 235 siswa.Sampel yang digunakan adalah total sampling, yakni semua siswa SD Negeri di Dabin Tiga Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2009 / 2010. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah survei tes dengan mengetes kemampuan kelincahan yang dicatat waktu tempuhnya dari hasil lari shuttle run 10 meter. Instrumen dalam penelitian ini adalah lari shuttle run 10 meter.Bentuk data dalam penelitian ini adalah angka yaitu data hasil tes kelincahan dengan satuan waktu dalam detik. Secara tehnik cara pengukuranya hanya satu instrumen yaitu tes shuttle run karena satuan ukuran dan kelincahan adalah waktu dan nilai terbaik dalam kelincahan adalah angka yang paling sedikit atau yang paling cepat dan angkanya kecil maka sebelum melakukan penghitungan statistik deskriptif terlebih dahulu dilakukan transformasi data diubah kedalam ke skor T. Data-data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis Diskriptif Prosentase, dengan pengelompokan kategori baik sekali, baik, sedang, kurang dan kurang sekali. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa SD N Bogorame, siswa laki-laki 73,5% dan perempuan 58,6% dalam kategori sedang, SD N Karangsari, siswa laki-laki 65,12% dan perempuan 51,28% dalam kategori sedang, SD N Kebonagung, siswa laki-laki 57,89% dan perempuan 89,66% dalam kategori sedang, dan SD N Pranti, siswa laki-laki 47,06% dalam kategori baik dan perempuan 52,17% dalam kateggori sedang, sehingga dari jumlah keseluruhan siswa laki-laki dan perempuan sebanyak 235 siswa secara umum tingkat kelincahan siswa putra Sekolah Dasar Negeri di Dabin Tiga Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang dalam kategori sedang dengan prosentase sebanyak 62,83% , sedangkan siswa perempuan dalam kategori sedang dengan prosentase sebanyak 62,30%. Oleh karena itu saran yang penulis ajukan adalah (1)Siswa perlu diberi kesempatan untuk melakukan aktivitas kelincahan secara terprogram dan kontinue, sehingga hasilnya sesuai yang diharapkan, (2)Bagi peneliti lain bila ingin mengadakan penelitian sejenis dapat memakai acuan hasil penelitian ini sebagai landasan untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 3314 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 12:12
Last Modified: 20 Nov 2011 12:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8349

Actions (login required)

View Item View Item