Pola Komunikasi Organisasi di PT. Asuransi Jiwasraya Semarang Barat Branch Office.”
Aji Prakoso Yudistiro , 3354303028 (2007) Pola Komunikasi Organisasi di PT. Asuransi Jiwasraya Semarang Barat Branch Office.”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pola Komunikasi Organisasi di PT. Asuransi Jiwasraya Semarang Barat Branch Office.”)
- Published Version
Download (388kB) | Preview |
Abstract
Pola komunikasi organisasi merupakan bagian yang sangat penting dalam penyampaian informasi dari seorang pimpinan kepada para karyawan, yaitu meliputi sumber informasi, sebagai pusat ingatan bagi organisasi dan penciptaan gagasan atau ide-ide agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan atau instansi. Pola komunikasi merupakan salah satu faktor penting guna memperlancar arus produksi, oleh karena itu, dalam perusahaan komunikasi dalam penyampaian informasi sangatlah penting guna mendukung faktor-faktor produksi perusahaan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pola komunikasi organisasi yang dilakukan, faktor yang mempengaruhi, kendala-kendala yang dihadapi pada PT Asuransi Jiwasyara Semarang Barat Branch Office. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi, faktor yang mempengaruhi, kendala-kendala yang dihadapi. Objek kajian dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pola komunikasi organisasi pada PT Asuransi Jiwasraya Semarang Barat Branch Office, yang berlokasi di jalan S. Parman No. 29 A Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara dan metode dokumentasi. Metode pengolahan data yang dilakukan adalah analisisi kualitatif yaitu data yang tidak berbentuk angka-angka, pengolahan data ini melalui tiga proses yaitu reduksi data, penguji data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pola komunikasi organisasi di PT Asuransi Jiwasraya Semarang Barat Branch Office sudah baik yaitu telah melaksanakan tahap-tahap dalam pola komunikasi organisasi pada umumnya, yaitu meliputi pola komunikasi yang dilakukan, faktor-faktor yang mempengaruhi dan kendala-kendala yang dihadapi, walaupun masih ada kekurangan dalam penerapan yang dilakukan di perusahaan, tetapi pola komunikasi organisasi di perusahaan sudah berjalan dengan baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pola komunikasi organisasi di PT Asuransi Jiwasraya Semarang Barat Branch Office, meliptui pola komunikasi yang dilakukan, faktor-faktor yang mempengaruhi, dan kendala-kendala yang dihadapi. Saran penulis dalam hal ini agar penerapan pola komunikasi di PT. Asuransi Jiwasraya harus lebih bermusyawarah dan tidak bersifat individual dalam penyampaian usulan atau ide yang membangun guna pencapaian tujuan perusahaan dan sarana dan prasarana pengembangan harus lebih ditingkan guna meningkatkan kualitas karyawan dalam bekerja.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Additional Information: | Pola Komunikasi Organisasi |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Manajemen Perkantoran, D3 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 02 Apr 2011 03:45 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/824 |
Actions (login required)
View Item |