Pengaruh Moralitas dan Kreativitas Guru Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa SMA Negeri se-Kabupaten Banyumas
Ika Musliani , 7101407045 (2011) Pengaruh Moralitas dan Kreativitas Guru Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa SMA Negeri se-Kabupaten Banyumas. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pengaruh Moralitas dan Kreativitas Guru Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa SMA Negeri se-Kabupaten Banyumas.)
- Submitted Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Prestasi belajar yang optimal dari proses belajar mengajar seorang siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Guru merupakan faktor eksternal yang mempunyai peran sebagai penunjang pencapaian hasil belajar yang optimal. Dalam penelitian ini yang dimaksud adalah moralitas yang dimiliki oleh seorang guru dalam lingkungan sekolah dan kreativitas guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Dengan adanya tingkat moralitas dan kreativitas yang tinggi yang dimiliki oleh seorang guru akan membawa dampak tinggi rendahnya prestasi yang dicapai oleh siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh moralitas guru akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Banyumas secara parsial, untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMA Negeri se-Kabupaten Banyumas secara parsial, dan untuk mengetahui pengaruh moralitas dan kreativitas guru akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMA Negeri se-Kabupaten Banyumas secara simultan. Populasi penelitian ini adalah guru SMA Negeri se-Kabupaten Banyumas yang mengampu mata pelajaran akuntansi. Analisis data meliputi deskriptif presentase, uji heterokedastisitas, uji multikolinearitas, uji normalitas, uji regresi linier barganda, dan uji hipotesis menggunakan uji F, uji R2, uji t dan uji r2. Hasil penelitian menunjukan bahwa, moralitas guru akuntansi dan kreativitas guru akuntansi dibuktikan dari uji F dan uji t berpengaruh signifikan. Secara parsial moralitas guru akuntansi berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. secara parsial kreativitas guru akuntansi berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Moralitas dan kreativitas guru akuntansi bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap hasil prestasi siswa. Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan hasil penelitian ini adalah dengan adanya tingkat moralitas dan kreativitas guru akan berpengaruh terhadap naik turunnya prestasi belajar siswa. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian yaitu penerapan moralitas guru dalam proses pembelajaran di kelas, guru akuntansi di SMA Negeri Banyumas disarankan untuk lebih meningkatkan disiplin moralnya agar dapat meningkatkan tingkat disiplin sekolah sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa serta dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi guru harus mampu mengikuti perkembangannya agar dapat tercipta pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar Siswa, Moralitas Guru, Kreativitas Guru |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | eko handoyo perpustakaan |
Date Deposited: | 16 Nov 2011 02:25 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8131 |
Actions (login required)
View Item |