Peningkatan Keterampilan Menulis Iklan Baris dengan Metode Point-Counter-Point melalui Media Kartu Identitas pada Siswa Kelas IX-A MTs. Nahdlotushshibyan Wonoketingal, Demak Tahun Ajaran 2011/2012


Amiruddin Yusuf , 2101407085 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Iklan Baris dengan Metode Point-Counter-Point melalui Media Kartu Identitas pada Siswa Kelas IX-A MTs. Nahdlotushshibyan Wonoketingal, Demak Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Iklan Baris dengan Metode Point-Counter-Point melalui Media Kartu Identitas pada Siswa Kelas IX-A MTs. Nahdlotushshibyan Wonoketingal, Demak Tahun Ajaran 2011/2012]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Iklan Baris dengan Metode Point-Counter-Point melalui Media Kartu Identitas pada Siswa Kelas IX-A MTs. Nahdlotushshibyan Wonoketingal, Demak Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis iklan baris pada MTs. Nahdlotushshibyan, khususnya kelas IX-A relatif rendah (58,03). Faktor rendahnya kompetensi menulis iklan baris ini disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi keterampilan menulis iklan baris di kelas. Faktor internal yang dimaksud berasal dari siswa, sedangkan faktor eksternalnya berasal dari metode pembelajaran yang kurang tepat yang digunakan oleh guru sehingga siswa menjadi bosan dan cenderung tidak aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Pemilihan pembelajaran keterampilan menulis dengan metode point-counter-point melalui media kartu identitas merupakan salah satu upaya yang dilakukan peneliti untuk meningkatkan keterampilan menulis iklan baris pada siswa kelas IX-A MTs. Nahdlotushshibyan Wonoketingal, Demak. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimana peningkatan keterampilan menulis iklan baris pada siswa kelas IX-A MTs. Nahdlotushshibyan Wonoketingal, Demak setelah dilakukan pembelajaran dengan metode point-counter-point melalui media kartu identitas, dan (2) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas IX-A MTs. Nahdlotushshibyan Wonoketingal, Demak setelah dilakukan pembelajaran dengan metode point-counter-point melalui media kartu identitas. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua tahap, yaitu siklus I dan Siklus II dengan subjek penelitiannya adalah keterampilan menulis iklan baris siswa kelas IX-A MTs. Nahdlotushshibyan Wonoketingal, Demak. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan dua variable yaitu keterampilan menulis iklan baris dan metode point-counter-point melalui media kartu identitas. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini, yaitu instrumen tes dan nontes. Proses pengumpulan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi awal sebelum dilakukan tindakan, nilai rata-rata kelas sebesar 58,03 dan belum mencapai nilai rata-rata ketuntasan yang telah ditetapkan, yaitu sebesar 75. Pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 6,6 atau 10,22% setelah mengikuti pembelajaran menulis iklan baris dengan metode point-counter-point melalui media kartu identitas. Hasil rata-rata klasikal yang didapat pada keterampilan menulis iklan baris siklus I diperoleh rata-rata sebesar 64,63 dengan kategori cukup. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 11,71 atau sebesar 15,34% bila dibanding siklus I. Hasil nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus II, yaitu sebesar 76,34 atau dalam kategori baik. Peningkatan yang terjadi dari kondisi awal ke siklus II sebesar 18,31 atau 23,98%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, simpulan yang dapat diambil adalah keterampilan menulis iklan baris siswa kelas IX-A MTs. Nahdlotushshibyan Wonoketingal, Demak mengalami peningkatan dan perubahan tingkah laku yang lebih positif setelah mengikuti proses pembelajaran dengan metode point-counterpoint melalui media kartu identitas. Berdasarkan hal tersebut, peneliti menyampaikan kepada guru khususnya guru kelas IX-A MTs. Nahdlotushshibyan Wonoketingal, Demak untuk menggunakan metode point-counter-point melalui media kartu identitas untuk meningkatkan keterampilan menulis iklan baris dan dan dapat memotivasi siswa terhadap kegiatan menulis. Bagi peneliti, disarankan agar melakukan penelitian pengembangan yang lebih lanjut mengenai keterampilan menulis iklan baris.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis iklan baris, metode point-counter-point, media kartu identitas
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Nov 2011 08:42
Last Modified: 25 Apr 2015 06:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8080

Actions (login required)

View Item View Item