Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMP Negeri SeKabupaten Kendal”.


Dewi Sari Asih , 1102404003 (2009) Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMP Negeri SeKabupaten Kendal”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMP Negeri SeKabupaten Kendal”.]
Preview
PDF (Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMP Negeri SeKabupaten Kendal”.) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Fenomena di SMP Negeri Kabupaten Kendal masih banyak ditemui guru-guru yang tidak membidangi mengajar mata pelajaran TIK. Hal ini disebabkan karena kurangnya guru yang berlatar belakang pendidikan di bidang komputer. Akibatnya guru-guru yang dianggap menguasai komputer mendapat tugas mengajar TIK. Kondisi ini membuat disanksikannya kompetensi guru-guru TIK dalam mengajar. Melihat kondisi tersebut perlu dikaji secara empiris untuk mengetahui: 1) bagaimana kompetensi profesional guru mata pelajaran TIK, 2) bagaimana kemampuan dalam menyiapkan pembelajaran dan 3) bagaimana kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran TIK? Populasi dalam penelitian ini adalah 60 guru SMP yang mengajar TIK SMP Negeri se Kabupaten Kendal. Sampel penelitian ini adalah 10 guru yang diambil secara cluster sampling. Variabel yang diteliti meliputi kompetensi profesional, kesiapan guru dalam proses belajar mengajar dan kemampuan guru dalam melaksanakan belajar mengajar. Data diungkap menggunakan kuesioner untuk mengungkap kompetensi profesional dan observasi untuk mengungkap kesiapan dan pelaksanaan pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru mata pelajaran TIK di SMP Negeri se Kabupaten Kendal dalam penelitian ini termasuk kurang baik. Rendahnya kompetensi tersebut karena guru yang mengajar TIK masih banyak yang bukan berasal dari lulusan TIK. Dan biasanya sekolah hanya mengambil guru yang bisa menggunakan komputer meskipun guru tersebut merangkap mengajar mata pelajaran lain. Kemampuan guru dalam menyiapkan proses belajar mengajar pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri se Kabupaten Kendal dalam penelitian ini termasuk baik. Tingginya kesiapan guru tersebut karena adanya tuntutan dari sekolah dan kebiasaan-kebiasaan guru sebelumnya yang selalu menyiapkan proses pembelajaran secara baik. Latar belakang pendidikan dari LPTK menyebabkan para guru memiliki kesiapan dalam pembelajaran. Kemampuan guru pada pelaksanaan dan evaluasi belajar mengajar pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri se Kabupaten Kendal dalam penelitian ini termasuk sangat baik. Melihat hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kompetensi professional guru TIK terutama dalam penguasan materi masih tergolong kurang baik, maka disarankan kepada guru TIK untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dibidang komputer. Disarankan kepada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Keolahragaan Kabupaten Kendal untuk memfasilitasi pelatihan-pelatihan tentang komputer bagi guru TIK SMP Negeri se Kabupaten Kendal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Apr 2011 07:19
Last Modified: 25 Apr 2015 04:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/808

Actions (login required)

View Item View Item