Analisis Kesiapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Fis Unnes Angkatan 2007 Sebagai Calon Tenaga Pendidik Profesional


BAKHTIAR SETYO NUGROHO , 3201407037 (2011) Analisis Kesiapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Fis Unnes Angkatan 2007 Sebagai Calon Tenaga Pendidik Profesional. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Kesiapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Fis Unnes Angkatan 2007 Sebagai Calon Tenaga Pendidik Profesional]
Preview
PDF (Analisis Kesiapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Fis Unnes Angkatan 2007 Sebagai Calon Tenaga Pendidik Profesional) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Guru adalah unsur manusiawi dalam pendidikan. Guru adalah figur manusia sumber yang menempati posisi dan memegang peran penting dalam pendidikan Diperlukan guru yang kreatif, professional, dan menyenangkan, sehingga mampu menciptakan iklim pembelajaran yang menantang, dan mampu membelajarakan dengan menyenangkan. Mahasiswa prodi pendidikan geografi FIS UNNES, merupakan calon guru , guru professional adalah guru yang mampu menguasai empat kompetensi utama seorang guru, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional. Permasalahan dalam Penelitian ini adalah: menilai tingkat kesiapan mahasiswa prodi Pendidikan Geografi FIS UNNES angkatan 2007 dalam pemahamannya tentang empat kompetensi utama yang harus dikuasai seorang guru.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat tingkat kesiapan mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi angkatan 2007 dalam memahami kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi Angkatan 2007. Sedangkan sampel dalam penelitian ini merupakan jumlah keseluruhan dari populasi. Variabel dalam penelitian ini berjumlah empat, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat di simpulkan bahwa secara umum mahasiswa prodi pendidikan geografi angkatan 2007 dalam pemahaman terhadap kompetensi pedagogik sudah baik, namun masih ada kekurangan pada pemahaman karakteristik peserta didik, pemahaman pengembangan peserta didik dan pengaktualisasian potensinya, dan pemahaman tindakan reflektif dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Pada kompetensi kepribadian termasuk dalam kriteria baik, kompetensi sosial kurang baik, dan pada kompetensi professional termasuk dalam kriteria baik. sehingga saran yang dapat diberikan adalah mahasiswa prodi pendidikan geografi angkatan 2007 dapat melakukan perbaikan pada indikator pemahaman yang masih dianggap belum begitu dikuasai, indikator tersebut meliputi pemahaman karakteristik siswa, pemahaman tujuan pembelajaran, pemahaman pengembangan peserta didik dan potensinya, pola komunikasi dengan siswa, pemahaman tindakan reflektif dalam peningkatan kualitas pembelajaran dan pemahaman sikap seorang guru dalam lingkungan masyarakat. Dari hasil penelitian, masih ditemukan kekurangan dari kesiapan pemahaman baik itu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional. Usaha atau upaya yang dapat dilakukan antara lain :Sebagai calon guru, mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Angkatan 2007 haruslah menguasai sepenuhnya kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional. Untuk itu diperlukan peningkatan pengetahuan dari kompetensi-kompetensi ini, salah satunya adalah dengan memperbanyak membaca referensi terkait dengan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan, Mahasiswa, Tenaga Pendidik Profesional.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Nov 2011 08:32
Last Modified: 25 Apr 2015 06:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8078

Actions (login required)

View Item View Item