Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Yayasan Pembinaan Pembangunan Masyarakat (YPPM) Boja Tahun Ajaran 2010/2011


B.Trimarjoko , 7101406631 (2011) Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Yayasan Pembinaan Pembangunan Masyarakat (YPPM) Boja Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Yayasan Pembinaan Pembangunan Masyarakat (YPPM) Boja Tahun Ajaran 2010/2011]
Preview
PDF (Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Yayasan Pembinaan Pembangunan Masyarakat (YPPM) Boja Tahun Ajaran 2010/2011) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Keluarga adalah salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar. Beberapa faktor diantaranya adalah tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan orang tua. Tingkat pendidikan orang tua yang tinggi pasti memiliki cita-cita tinggi terhadap pendidikan anaknya. Sedangkan tingkat pendapatan orang tua dapat membantu siswa dalam memenuhi kebutuhan sekolahnya sehingga siswa dapat menjalani proses pendidikannya dengan maksimal. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK YPPM Boja? (2) Adakah pengaruh tingkat pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK YPPM Boja? (3) Adakah pengaruh tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK YPPM Boja? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK YPPM Boja Tahun Ajaran 2010/2011. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK YPPM Boja Tahun Ajaran 2010/2011 sebanyak 82 siswa yang tersebar dalam 2 kelas. Penelitian ini adalah penelitian populasi sehingga tidak ada sampel. Terdapat tiga variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: tingkat pendidikan orang tua (X1), tingkat pendapatan orang tua (X2) dan prestasi belajar siswa (Y). Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Uji Instrumen dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis regresi. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh model regresi Y = 68, 049 + 0,037 X1 + 0,059 X2, uji parsial dan simultan diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan terhadap prestasi belajar kelas XI Akuntansi SMK YPPM Boja adalah sebesar 3,47% dan sisanya 96.53% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penelitian ini secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian tersebut menyarankan kepada siswa agar selalu dapat semangat didalam proses pendidikannya untuk mencapai prestasi belajar yang maksimal, serta kepada orang tua siswa agar dapat membantu memberi dorongan dan memenuhi kebutuhan dalam pendidikan siswa walaupun dalam keadaan tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan yang rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Akuntansi, Tingkat Pendidikan Orang Tua, Tingkat Pendapatan Orang Tua.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Nov 2011 08:24
Last Modified: 25 Apr 2015 06:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8076

Actions (login required)

View Item View Item