Pembelajaran Seni Grafis dengan Teknik Kolagraf di Kelas XI SMA N 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang


Yuli Sistriana, 2401407033 (2011) Pembelajaran Seni Grafis dengan Teknik Kolagraf di Kelas XI SMA N 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran Seni Grafis dengan Teknik Kolagraf di Kelas XI SMA N 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang]
Preview
PDF (Pembelajaran Seni Grafis dengan Teknik Kolagraf di Kelas XI SMA N 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemahaman siswa mengenai pembelajaran seni grafis rendah. Salah satu upaya memahamkan siswa mengenai seni grafis, maka guru mengadakan pembelajaran seni grafis dengan teknik kolagraf. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran seni grafis dengan teknik kolagraf, (2) Bagaimana hasil karya siswa dalam pembelajaran seni grafis dengan teknik kolagraf, (3) Faktor determinan yang terjadi. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui, menganalisis dan mengidentifikasi permasalahan tersebut. Manfaat penelitian ini : dapat dijadikan acuan dalam pengembangan pembelajaran seni rupa, seni grafis dapat dijadikan referensi bagi penelitian berikutnya, dapat digunakan sebagai bahan evaluasi terhadap proses pembelajaran seni rupa, bagi para guru seni rupa, dan dapat menjadi acuan dan motivasi dalam melaksanakan KBM. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan/observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran seni grafis dilakukan melalui tiga tahapan yaitu kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil karya seni grafis dengan teknik kolagraf dalam pembelajaran menunjukkan berbagai karya dengan motif yang beragam. Nilai rata-rata dari seluruh kelas mencapai 75. Hasil skor ini tergolong kategori baik. Faktor pendukung pembelajaran : (1) Guru seni rupa bergelar S1 pendidikan, (2) Guru membuat perencanaan sebagai persiapan mengajar, (3) Tersedianya fasilitas pembelajaran, (4) Adanya interaksi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran, (5) Pembelajaran yang disajikan oleh guru tidak membosankan. Sedangkan faktor penghambat di antaranya : (1) Penyampaian materi pembelajaran yang kurang maksimal, (2) Kurangya Waktu pembelajaran yang tersedia, (3) Guru masih belum sepenuhnya memanfaatkan media pembelajaran, (4) Tidak tersedianya ruang praktik seni rupa (5) Jumlah siswa yang cukup banyak sehingga menyulitkan guru dalam mengkondisikan kelas. Saran yang dapat diberikan adalah : (1) Guru perlu lebih dapat memanfaatkan waktu pembelajaran dengan baik. (2) Guru perlu menyiasati dengan cara mengcopykan materi kepada siswa. (3) Guru perlu memanfaatkan media LCD. (4) Guru perlu memberikan pembelajaran seni grafis yang seimbang antara ranah apresiasi dan kreasi. (5) Guru perlu memberikan pengetahuan mengenai beberapa teknik pembuatan grafis lagi seperti teknik cap dan cukil.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Seni Rupa, Seni Grafis, Teknik Kolagraf.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Nov 2011 00:21
Last Modified: 25 Apr 2015 06:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8016

Actions (login required)

View Item View Item