Peningkatan Ketrempilan Menulis Karangan Persuasi dengan Teknik Gallery Walk Media Poster Konservasi Alam pada Siswa Kelas XA SMA Negeri 3 Demak
Kurnia Ika Siwi , 2101407067 (2011) Peningkatan Ketrempilan Menulis Karangan Persuasi dengan Teknik Gallery Walk Media Poster Konservasi Alam pada Siswa Kelas XA SMA Negeri 3 Demak. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Peningkatan Ketrempilan Menulis Karangan Persuasi dengan Teknik Gallery Walk Media Poster Konservasi Alam pada Siswa Kelas XA SMA Negeri 3 Demak)
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan, salah satu permasalahan dalam keterampilan menulis yang ditemukan pada siswa kelas XA SMA Negeri 3 Demak adalah rendahnya keterampilan siswa dalam menulis karangan persuasi. Rata-rata nilai yang dicapai oleh siswa adalah 7,0. Nilai tersebut masih di bawah KKM yaitu dibawah 7,5 sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan persuasi. Rendahnya keterampilan siswa dalam menulis karangan persuasi dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu kurang adanya motivasi dari dalam diri siswa untuk berkembang, kesulitan dalam menuliskan kalimat persuasi, siswa merasa belum mampu menyusun kalimat dengan bahasa yang menarik dan meyakinkan, dan rendahnya kepedulian siswa terhadap lingkungan. Selain itu, belum digunakannya teknik, dan media yang variatif dalam pembelajaran menulis karangan persuasi. Salah satu upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan persuasi, yaitu dengan menggunakan teknik gallery walk dan pemanfaatan media poster konservasi alam. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis karangan persuasi pada siswa kelas XA SMA N 3 Demak setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik gallery walk media poster konservasi alam, dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas XA SMA N 3 Demak setelah pembelajaran menulis karangan persuasi dengan teknik gallery walk media poster konservasi alam. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan persuasi dengan teknik gallery walk media poster konservasi alam pada siswa kelas XA SMA N 3 Demak, dan (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran menulis karangan persuasi dengan teknik gallery walk media poster konservasi alam pada siswa kelas XA SMA N 3 Demak. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan persuasi dengan teknik gallery walk media poster konservasi alam. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel menulis karangan persuasi dan teknik gallery walk media poster konservasi alam. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil keterampilan menulis karangan persuasi siswa dan nontes berupa data perilaku siswa dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi foto. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif dengan cara membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis karangan persuasi pada siswa kelas XA SMA Negeri 3 Demak setelah dilakukan tindakan penelitian menulis karangan persuasi dengan teknik gallery walk media poster konservasi alam. Peningkatan tersebut ditunjukkan dari hasil tes siklus I dan tes siklus II. Pada siklus I hanya terdapat 13 siswa atau 31,7% yang mencapai nilai ketuntasan dengan nilai rata-rata siswa hanya mencapai 66,2 dan termasuk dalam kategori cukup. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II ketuntasan meningkat menjadi 87,8% atau ada 36 siswa. Pada siklus II nilai rata-rata adalah 80,3 dan termasuk dalam kategori baik. Hasil tersebut sudah mencapai nilai ketuntasan belajar menulis karangan persuasi yang telah ditetapkan oleh guru, yaitu sebesar 75. Peningkatan keterampilan menulis karangan persuasi diikuti perubahan perilaku siswa. Terdapat perubahan sikap atau perilaku siswa yang berubah ke arah yang lebih baik. Siswa sudah memiliki keterbukaan yang baik dengan guru, siswa sudah tekun belajar menulis karangan persuasi, siswa rajin dalam mengikuti pembelajaran menulis karangan persuasi, siswa memiliki tenggang rasa yang tinggi dengan sesama teman dan guru, siswa disiplin dalam mengikuti pembelajaran menulis karangan persuasi, siswa memiliki sikap hormat dengan guru, siswa menepati janjinya dengan mengumpulkan tugas tepat waktu, siswa juga memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pembelajaran, semua siswa serius ketika mendengarkan penjelasan dari guru dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan agar seorang guru hendaknya mampu memilih teknik dan media yang tepat, inovatif, kreatif sehingga menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan efektif. Teknik gallery walk dan media poster konservasi alam dapat dijadikan oleh guru sebagai alternatif untuk pembelajaran menulis karangan persuasi. Bagi siswa, sebaiknya aktif mengikuti kegiatan pembelajaran dan selalu berlatih menulis terutama menulis karangan persuasi. Bagi peneliti, sebaiknya ada penelitian lanjutan dari penelitian ini dengan teknik dan media yang lain untuk menambah khasanah ilmu bahasa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menulis karangan persuasi, teknik gallery walk, media poster konservasi alam. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 15 Nov 2011 00:16 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8015 |
Actions (login required)
View Item |