Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Metode Permainan Tebak Kata Dengan Metode Ceramah Pada Bidang Studi IPS Sejarah Kelas VIII Siswa SMP Nurul Salam Bantarbolang Tahuan Pelajaran 2010/2011
Doni Harfiyanto , 3101407079 (2011) Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Metode Permainan Tebak Kata Dengan Metode Ceramah Pada Bidang Studi IPS Sejarah Kelas VIII Siswa SMP Nurul Salam Bantarbolang Tahuan Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Metode Permainan Tebak Kata Dengan Metode Ceramah Pada Bidang Studi IPS Sejarah Kelas VIII Siswa SMP Nurul Salam Bantarbolang Tahuan Pelajaran 2010/2011)
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang terdapat pada pendidikan adalah rendahnya hasil belajar siswa. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar mengajar. Faktor-faktor yang berpengaruh diantaranya faktor internal dan eksternal. Faktor eksternal meliputi media pembelajaran, guru, materi, metode belajar dan sistem pembelajaran. sedangkan faktor internal adalah faktor dari dalam diri seperti kesehatan, mental, tingkat kecerdasan, minat dan sebagainya. Oleh karena itu untuk menanggulangi masalah tersebut salah satunya diperlukan adanya suatu metode pembelajaran menarik agar siswa menjadi lebih berminat dan termotivasi untuk belajar materi sejarah. Untuk mewujudkan pembelajaran yang menarik dan berkualitas, dapat diterapkan Metode pembelajaran permainan tebak kata. Penelitian ini bertujuan : (1). Untuk mengetahui data hasil belajar kelas yang menggunakan metode permainan tebak kata, (2). Untuk memperoleh data hasil belajar kelas yang menggunakan metode ceramah bervariasi, (3). Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode permainan tebak kata dengan yang menggunakan metode ceramah. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII yang terdiri dari dua kelas. Karena keterbatasan kelas yang hanya terdiri dari dua kelas saja maka dalam pembagian kelas ditunjuk kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Dengan menggunakan data pre test dilakukan uji normalitas, homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata sebelum kelas tersebut mendapatkan perlakuan, dilanjutkan dengan pembelajaran diakhiri dengan pos test. Pada analisis data tahap awal setelah dilakukan uji kesamaan dua rata-rata dua pihak diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa relatif sama. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata pos test kelas eksperimen adalah 8,16 dan rata-rata kelas kontrol adalah 7,65. Kedua kelas berdistribusi normal dan mempunyai dua varians yang sama. Pada uji perbedaan dua rata-rata diperoleh thitung= 2,713. Untuk ? = 5% dan dk = (25+26-2) = 49 diperoleh t(0,95)(49) = 1.68. Karena thitung t (0,95)(49) maka H0 ditolak, hal ini berarti ada perbedaan hasil belajar secara signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jadi berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelas yang diberi pembelajaran dengan Metode pembelajaran permainan tebak kata dengan kelas yang diberi pembelajaran dengan metode ceramah. Saran yang diberikan kepada guru agar lebih aktif mencari metode-metode pembelajaran inovatif dan kreatif yang sesuai dengan karakter siswa untuk meningkakan kualitas pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | permainan tebak kata, hasil belajar |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 15 Nov 2011 00:08 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8013 |
Actions (login required)
View Item |