Perbandingan Pelaksanaan Penilaian Mata Pelajaran Sejarah Berdasarkan KTSP Antara SMA Negeri dengan MA Negeri di Kota Surakarta Tahun 2010/2011


Tutut Tulistiyanti, 3101407057 (2011) Perbandingan Pelaksanaan Penilaian Mata Pelajaran Sejarah Berdasarkan KTSP Antara SMA Negeri dengan MA Negeri di Kota Surakarta Tahun 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perbandingan Pelaksanaan Penilaian Mata Pelajaran Sejarah Berdasarkan KTSP Antara SMA Negeri dengan MA Negeri di Kota Surakarta Tahun 2010/2011]
Preview
PDF (Perbandingan Pelaksanaan Penilaian Mata Pelajaran Sejarah Berdasarkan KTSP Antara SMA Negeri dengan MA Negeri di Kota Surakarta Tahun 2010/2011) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kecenderungan guru hanya menilai prestasi belajar aspek kognitif atau kecerdasan saja. Aspek afektif, apalagi psikomotor sangat langka dijamah oleh guru. Akibatnya dapat kita saksikan, yakni bahwa lulusan hanya menguasai teori tetapi tidak terampil melakukan pekerjaan keterampilan, juga tidak mampu mengaplikasikan pengetahuan yang sudah mereka kuasai. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan penilaian mata pelajaran sejarah berdasarkan KTSP SMA/MA Negeri di kota Surakarta? (2) apakah ada perbedaan pelaksanaan penilaian antara SMA Negeri dengan MA Negeri di kota Surakarta? (3) apa hambatan dalam pelaksanaan penilaian?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan penilaian mata pelajaran sejarah berdasarkan KTSP, perbedaan pelaksanaan penilaian antara SMA Negeri dengan MA Negeri di kota Surakarta, hambatan dalam pelaksanaan penilaian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model deskriptif analitik, meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dalam pelaksanakan penilaian hasil belajar di SMA/MA Negeri di kota Surakarta meliputi tahapan perencanaan, pelaksanan, analisis hasil penilaian, tindak lanjut pelaksanaan penilaian. Pelaksanaan penilaian 3 aspek kognitif, afektif, psikomotor di SMA Negeri di kota Surakarta sudah berjalan baik, sedangkan di MAN 2 Surakarta penilaian psikomotor belum berjalan dengan baik. Pelaksanaan analisis hasil penilaian di SMA N Surakarta sudah dilaksanakan sedangkan di MAN Surakarta jarang dilakukan. Bentuk dan teknik penilaian yang dipakai di SMA/MA N Surakarta antara lain penilaian tes tertulis, penilaian produk, penilaian portofolio, penilaian unjuk kerja. Hambatan pelaksanaan penilaian guru kurang menguasai berbagai teknik penilaian berdasarkan KTSP dan kurangnya pemahaman alat evaluasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan pelaksanaan penilaian di SMA/MA Negeri di kota Surakarta meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, analisis dan tindak lanjut penilaian sudah berjalan baik. Saran dari penelitian ini bagi sekolah agar guru diikutkan dalam seminar-seminar yang bertemakan penilaian agar lebih paham terhadap alat evaluasi penilaian hasil belajar. Bagi guru hendaknya mengaplikasikan 3 aspek penilaian seperti dalam kerangka penilaian berbasis kelas yang berdasarkan KTSP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Hasil Belajar, KTSP.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Nov 2011 00:04
Last Modified: 25 Apr 2015 06:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8012

Actions (login required)

View Item View Item