PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VIII SMP NEGERI 4 GRINGSING KECAMATAN GRINGSING KABUPATEN BATANG TAHUN AJARAN 2010/2011


Prasetya Putra Nugraha, 3201406028 (2011) PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VIII SMP NEGERI 4 GRINGSING KECAMATAN GRINGSING KABUPATEN BATANG TAHUN AJARAN 2010/2011. Under Graduates thesis, unnes.

[thumbnail of PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VIII SMP NEGERI 4 GRINGSING KECAMATAN GRINGSING KABUPATEN BATANG TAHUN AJARAN 2010/2011]
Preview
PDF (PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VIII SMP NEGERI 4 GRINGSING KECAMATAN GRINGSING KABUPATEN BATANG TAHUN AJARAN 2010/2011) - Published Version
Download (535kB) | Preview

Abstract

Nugraha, Prasetya Putra. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas VIII SMP Negeri 4 Gringsing Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi, Jurusan Geografi, FIS UNNES. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Kata kunci : Kondisi Sosial Ekonomi, Prestasi Belajar. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kegiatan belajar anak adalah keluarga, dalam hal ini orang tua yang pada akhirnya akan mempengaruhi prestasinya. Orang tua bertanggungjawab terhadap pemenuhan kebutuhan pendidikan anak. Kondisi sosial ekonomi yang baik akan semakin mudah dalam pemenuhan kebutuhan tersebut, begitu juga sebaliknya. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimanakah gambaran kondisi sosial ekonomi orang tua siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Gringsing dan adakah pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Gringsing tahun ajaran 2010/2011. Tujuan yang ingin dicapai dalam skripsi ini adalah mengetahui kondisi sosial ekonomi orang tua siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Gringsing dan mengetahui ada tidaknya pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Gringsing tahun ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Gringsing tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 141 orang tua siswa. Populasi yang dijadikan sampel sebanyak 28 orang tua siswa dengan teknik random sampling dimana dalam populasi tersebut diambil 20%. Dalam penelitian ini terhadap empat variabel bebas yaitu tingkat pendidikan, pendapatan, pemilikan kekayaan, dan jenis tempat tinggal dan satu variabel terikat yaitu prestasi belajar IPS. Dalam pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, kondisi sosial ekonomi orang tua siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Gringsing sebagian besar (79%) tergolong tinggi, namun secara umum kondisinya sangat bervariasi dalam pendidikan, pendapatan, pemilikan kekayaan, dan jenis tempat tinggal. Dalam penelitian ini hipotesis diterima. Dalam uji hipotesis, F hitung > F tabel (12,643 > 4,2) sehingga dapat dikatakan ada pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Gringsing. Besarnya pengaruh tersebut adalah 30,1% dari keseluruhan variabel. Kesimpulan yang dapat dipaparkan adalah kondisi sosial ekonomi orang tua siswa tergolong tinggi. Saran yang dapat diberikan adalah diharapkan pihak sekolah berusaha lebih mengetahui bagaimana kondisi sosial ekonomi orang tua siswanya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kondisi Sosial Ekonomi, Prestasi Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Users 3257 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 00:22
Last Modified: 25 Apr 2015 06:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7951

Actions (login required)

View Item View Item