EFEKTIFITAS PENGGUNAAN FLASH MACROMEDIA TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATERI BANGUN DATAR DI MI IT LUQMAN AL-HAKIM SLAWI
Puput Pujihastuti, 1402407089 (2011) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN FLASH MACROMEDIA TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATERI BANGUN DATAR DI MI IT LUQMAN AL-HAKIM SLAWI. Under Graduates thesis, unnes.
Preview |
PDF (EFEKTIFITAS PENGGUNAAN FLASH MACROMEDIA TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATERI BANGUN DATAR DI MI IT LUQMAN AL-HAKIM SLAWI)
- Published Version
Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Pujihastuti, Puput. 2011. Efektifitas Penggunaan Flash Macromedia Terhadap Aktivitas dan Prestasi Belajar siswa kelas III pada Materi Bangun Datar di MI IT Luqman Al-Hakim Slawi. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: I. Dra. Noening Andrijati, M.Pd, II. Drs. Yuli Witanto Kata Kunci : media, flash macromedia, aktivitas, pembelajaran Salah satu faktor kurang berhasilnya proses belajar mengajar adalah kurang tepatnya guru dalam memilih media pembelajaran yang akan digunakan selama proses pembelajaran. Pembelajaran dengan media yang sesuai diharapkan akan mampu menghasilkan aktivitas dan prestasi belajar yang baik, apalagi didukung oleh ketepatan dan cara penggunaan media itu dengan benar. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah aktivitas dan prestasi belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan flash macromedia pada mata pelajaran matematika untuk materi luas bangun datar lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas III SD semester 2 di MI IT Luqman Al-Hakim Slawi yang terdiri dari kelas 3A, 3B, dan 3C tahun ajaran 2010/2011. Kelas 3A berlaku sebagai kelompok eksperiman. Kelas 3B berlaku sebagai kelompok kontrol. Sedangkan yang berlaku sebagai kelompok uji coba instrumen adalah kelas 3C. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan Presentase nilai keaktifan sebelum adanya perlakuan sebesar 49,11% lebih kecil dari pada rata-rata presentase keaktifan setalah perlakuan pembelajaran menggunakan flash macromedia yaitu sebesar 76,31%. Maka, aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran menggunakan flash macromedia lebih baik dari pada aktivitas belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil uji perbedaan prestasi diperoleh Zhitung =-3,48 < Ztabel = -1,96 yang menunnukan bahwa ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan flash macromedia dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvesional. Rerata hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen sebesar 78,11 lebih tinggi dari pada rerata hasil belajar kelompok kontrol sebesar 58,93. Dengan demikian, maka terdapat kecenderungan lebih baik antara rerata hasil belajar kelompok eksperimen dari pada rerata hasil belajr kelompok kontrol. Untuk itu, disarankan guru hendaknya lebih bervariasi ketika memilih media pembelajaran, selain itu media pembelajaran flash macromedia pada materi luas bangun datar, perlu dipertimbangkan karena terbukti bahwa aktivitas dan prestasi belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran flash macromedia lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media, flash macromedia, aktivitas, pembelajaran |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 3259 not found. |
Date Deposited: | 14 Nov 2011 00:24 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7865 |
Actions (login required)
View Item |