PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED INTRUCTION TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP 3 WELAHAN JEPARA PADA MATERI TRANSFORMASI ENERGI TUMBUHAN


Khuliyana, 4401406518 (2011) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED INTRUCTION TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP 3 WELAHAN JEPARA PADA MATERI TRANSFORMASI ENERGI TUMBUHAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang (UNNES).

[thumbnail of PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED INTRUCTION TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP 3 WELAHAN JEPARA PADA MATERI TRANSFORMASI ENERGI TUMBUHAN]
Preview
PDF (PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED INTRUCTION TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP 3 WELAHAN JEPARA PADA MATERI TRANSFORMASI ENERGI TUMBUHAN)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Khuliyana. 2011. Penggunaan Model Problem Based Intruction Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Siswa SMP 3 Welahan Jepara pada Materi Transformasi Energi Tumbuhan. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Dra. Lina Herlina, M.Si dan Drs. Krispinus Kedati Pukan, M.Si Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti pada semester gasal tahun 2010 diperoleh bahwa pembelajaran biologi kelas VIII SMP 3 Welahan Jepara menggunakan metode ceramah disertai mengerjakan LKS. Hal tersebut menyebabkan keterampilan proses siswa rendah dan pembelajaran hanya terfokus pada aspek kognitif saja. Salah satu alternatif untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran problem based intruction. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses dan hasil belajar siswa SMP 3 Welahan Jepara menggunakan model problem based instruction pada materi transformasi energi tumbuhan. Rancangan penelitian ini adalah control group post test only. Sampel penelitian adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik random sampling. Rata-rata nilai keterampilan proses siswa kelas eksperimen termasuk dalam kriteria tinggi dan sangat tinggi adalah 72,80% sedangkan pada kelas kontrol adalah 64,87%. Hasil uji t terhadap hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung 2,14 sedangkan ttabel untuk dk 73 dan taraf signifikansi 5% adalah 1,67. Karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ha diterima. Ini berarti kelompok eksperimen memiliki hasil belajar yang lebih baik daripada kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa keterampilan proses dan hasil belajar siswa kelas yang menggunakan model problem based intruction lebih tinggi dari kelas yang tidak menggunakan model problem based intruction di SMP 3 Welahan Jepara pada materi transformasi energi tumbuhan. Kata kunci: problem based intruction, keterampilan proses, transformasi energi tumbuhan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: problem based intruction, keterampilan proses, transformasi energi tumbuhan.
Subjects: Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 3314 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 00:38
Last Modified: 25 Apr 2015 06:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7779

Actions (login required)

View Item View Item