KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) DAN KARTU SOAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PADA MATERI POKOK LINGKARAN


Erni Musyahadah, 4101407042 (2011) KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) DAN KARTU SOAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PADA MATERI POKOK LINGKARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang (UNNES).

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) DAN KARTU SOAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PADA MATERI POKOK LINGKARAN]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) DAN KARTU SOAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PADA MATERI POKOK LINGKARAN)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Musyahadah, Erni. 2011. Keefektifan Penerapan Metode Guided Discovery Berbantuan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dan Kartu Soal terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP pada Materi Pokok Lingkaran. Skripsi, Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Utama: Dra. Kristina Wijayanti, M.S., Pembimbing Pendamping: Dr. Iwan Junaedi, M.Pd. Kata kunci: metode pembelajaran Guided Discovery, LKPD, kartu soal, kemampuan komunikasi matematis. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mempelajari matematika adalah kemampuan komunikasi matematis. Kemampuan ini dapat dikuasai dengan baik jika terjadi pembelajaran yang bermakna dan melibatkan keaktifan peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik melalui metode pembelajaran Guided Discovery berbantuan LKPD dan metode pembelajaran Guided Discovery berbantuan kartu soal pada materi pokok lingkaran kelas VIII SMP tahun pelajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Sulang tahun pelajaran 2010/2011. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling dan terpilih secara acak peserta didik kelas VIIID sebagai kelas eksperimen 1 yang diberi metode Guided Discovery berbantuan LKPD, peserta didik kelas VIIIF sebagai kelas eksperimen 2 yang diberi metode Guided Discovery berbantuan kartu soal dan peserta didik kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian diperoleh dengan metode tes yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji proporsi dan uji ANAVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) berdasarkan hasil uji proporsi diperoleh bahwa proporsi peserta didik kelas eksperimen 1 dan peserta didik kelas eksperimen 2 yang mendapatkan nilai tes komunikasi matematis lebih dari atau sama dengan 65 lebih dari 75%, (2) rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematis dengan uji ANAVA diperoleh hitung tabel F  8,89  3,10  F sehingga Ho ditolak dan berarti terdapat perbedaan rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada kelas eksperimen 1, peserta didik kelas eksperimen 2 dan peserta didik kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji lanjut Scheeffe didapatkan hasil bahwa perbedaan rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen 1 dan peserta didik kelas eksperimen 2 tidak signifikan. Akan tetapi rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen 1 dan peserta didik kelas eksperimen 2 berbeda signifikan dengan peserta didik kelas kontrol, yaitu rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen 1 dan peserta didik kelas eksperimen 2 lebih dari rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis memberikan saran agar dalam menerapkan metode Guided Discovery berbantuan LKPD dan metode Guided Discovery berbantuan kartu soal guru dapat mengelola waktu dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan baik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Guru diharapkan dapat mengembangkan media pembelajaran lain yang sesuai dengan penerapan metode Guided Discovery sehingga media yang digunakan tidak hanya CD pembelajaran, LKPD dan kartu soal. Selain itu perlu dilakukan perbaikan CD pembelajaran, LKPD, dan kartu soal yang digunakan dalam penelitian ini agar didapatkan hasil yang lebih baik dari hasil penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran Guided Discovery, LKPD, kartu soal,
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 3314 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 00:38
Last Modified: 25 Apr 2015 06:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7772

Actions (login required)

View Item View Item