ANALISIS KINERJA MANAJEMEN PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI DAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SWASTA (SMK) SE-KOTA SEMARANG
Wantri Wijaya , 3301404021 (2009) ANALISIS KINERJA MANAJEMEN PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI DAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SWASTA (SMK) SE-KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (ANALISIS KINERJA MANAJEMEN PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI DAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SWASTA (SMK) SE-KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Istilah manajemen seringkali disamakan dengan istilah administrasi. Manajemen dipandang sebagai suatu proses kegiatan maka setiap orang yang terlibat dalam proses kerjasama dalam bidang persekolahan harus dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan peran dan fungsinya secara proporsional (guru dapat mengajar dengan baik, siswa dapat belajar dengan baik, kepala sekolah dapat menjadi pemimpin yang bijak dan seterusnya). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kinerja manajemen di SMK negeri dan di SMK swasta dikota semarang? (2) Adakah perbedaan kinerja manajemen sekolah antara SMK negeri dan SMK swasta?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimanakah kinerja manajemen sekolah pada SMK negeri dan SMK swasta dikota Semarang (2) Adakah perbedaan kinerja manajemen sekolah antara SMK negeri dan SMK swasta Populasi penelitian ini adalah seluruh SMK negeri dan swasta se-kota Semarang, yang jumlahnya 70 SMK, terdiri dari 11 SMK negeri dan 59 SMK swasta. Pengambilan sampelyang berjumlah 10 SMK, terdiri dari 5 SMK negeri dan 5 SMK swasta dilakukan dengan tekhnik cluster sampling, berdasarkan letak wilayah sekolah. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kepustakaan, dokumentasi dan angket. Instrumen yang disusun diuji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis data dan interpretasi skor. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, pelaksanaan manajemen sekolah pada SMK negeri termasuk dalam kriteria sangat optimal dengan perolehan skor 479. Sedangkan pada SMK swasta manajemen sekolah termasuk dalam kriteria optimal dengan perolehan skor 451,4. Perbedaan manajemen sekolah antara SMK negeri dan swasta terletak pada aspek keuangan, kesiswaan, sarana dan prasarana, serta layanan khusus. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil simpulan bahwa kinerja manajemen sekolah pada SMK negeri dan SMK swasta sudah ideal. Pada SMK negeri berkriteria sangat optimal dan pada SMK swasta berkriteria optimal. Meskipun ada beberapa aspek yang belum dalam kondisi ideal. Secara keseluruhan kinerja manajemen sekolah pada SMK negeri lebih unggul dari SMK swasta. Hasil penelitian diharapkan dapat bermanfaat bagi semua warga sekolah serta pihak-pihak yang terkait dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah, semua pihak diharapkan dapat mewujudkan manajemen sekolah yang efektif dan efisien untuk kemajuan mutu sekolah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja, Manajemen, Sekolah, Negeri, dan Swasta |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 01 Apr 2011 04:21 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/775 |
Actions (login required)
View Item |