Desain Poster Sebagai Media Promosi Obyek Wisata Kabupaten Semarang


Suwarno, 2451307023 (2011) Desain Poster Sebagai Media Promosi Obyek Wisata Kabupaten Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of Desain Poster Sebagai Media Promosi Obyek Wisata Kabupaten Semarang]
Preview
PDF (Desain Poster Sebagai Media Promosi Obyek Wisata Kabupaten Semarang) - Published Version
Download (148kB) | Preview

Abstract

Suwarno. 2011. “Desain Poster Sebagai Media Promosi Obyek Wisata Kabupaten Semarang”.Tugas Akhir. Jurusan Seni Rupa Prodi DKV D3. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Sri Iswidayati, M. Hum. Pembimbing II Drs. Ruswondho. Kata Kunci : Poster, Promosi, Obyek Wisata Kabupaten Semarang Kabupaten Semarang mempunyai potensi pariwisata yang banyak tetapi manfaat atau keuntungan yang diperoleh kurang optimal, hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat Kabupaten Semarang sendiri belum mengetahui keberadaan dan manfaat obyek wisata Kabupaten Semarang. Kurangnya kontribusi tersebut dikarenakan belum adanya pengelolaan yang intensif, fasilitas pendukung yang belum memadai dan tidak adanya interaksi atau kurangnya campur tangan Pemerintah Daerah dalam mempromosikan obyek wisata Kabupaten Semarang. Ini sebagai bukti bahwa kurangnya upaya pemerintah untuk mengembangkan obyek pariwisata yang ada di Kabupaten Semarang. Oleh karena itu penulis berusaha ikut serta mempromosikan obyek wisata Kabupaten Semarang melalui karya poster. Karya inilah yang berfungsi sebagai media promosi obyek wisata Kabupaten Semarang kepada masyarakat umum. Tujuan dari pembuatan proyek studi dengan konsep mempromosikan obyek wisata Kabupaten Semarang antara lain, yang pertama penulis dapat menuangkan ide-ide atau gagasan dalam bentuk karya poster. Tujuan yang kedua yaitu memberikan informasi atau membuat karya yang dapat berperan mempromosikan obyek wisata di Kabupaten Semarang, dan yang ketiga bertujuan memotret obyek wisata Kabupaten Semarang serta menghasilkan poster-poster yang mudah dicerna dan mampu menarik wisatawan lokal maupun asing. Manfaat yang dapat diambil dari pembuatan proyek studi ini antara lain: bagi penulis sebagai pengembang kreativitas, ketrampilan dan pengetahuan dalam bidang Desain Komunikasi Visual. Bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Semarang secara tidak langsung dapat membantu dan mempromosikan obyek-obyek wisata yang ada. Bagi masyarakat (wisatawan), karya ini merupakan media informasi tentang potensi obyek wisata di Kabupaten Semarang. Dalam berkarya, penulis menggunakan teknik fotografi dan mengolah foto melalui media komputer. Foto diolah melalui program Adobe Photoshop dalam bentuk karya poster, setelah itu pada proses cetakan melalui print-out dari mesin offset. Penulis menyajikan 13 karya dengan ukuran 29,7 x 24cm beserta deskripsi dan analisisnya. Dari sebuah karya poster, subyek utamanya merupakan foto di kawasan Kabupaten Semarang, seperti: Candi Gedong Songo, Bandungan, Hills Joglo Villa, Kolam Renang Tirto Argo, Semirang, Penggaron, Umbul Sidomukti, Monumen Palagan Ambarawa, Museum Kereta Api Ambarawa, Kopeng, Rawa Pening, Rawa Permai, Pasar Kriya. Karya disajikan lewat pameran yang terbuka untuk umum dan bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Poster, Promosi, Obyek Wisata Kabupaten Semarang
Subjects: N Fine Arts > NE Print media
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: Users 3313 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 00:56
Last Modified: 14 Nov 2011 00:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7605

Actions (login required)

View Item View Item