PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATERI CAHAYA KELAS VIII SMP


Abdul Gofar, 4201407015 (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATERI CAHAYA KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang (UNNES).

[thumbnail of PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATERI CAHAYA KELAS VIII SMP]
Preview
PDF (PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATERI CAHAYA KELAS VIII SMP)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Gofar, A. 2011. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Problem Based Instruction Pada Materi Cahaya. Skripsi, Jurusan Fisika Fakultas Metematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Utama Dr. Sugianto, M. Si, dan Pembimbing Pendamping Dr. Sulhadi, M. Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Problem Based Instruction (PBI), Hasil Belajar Kognitif. Pembelajaran ekspositori masih berpusat pada guru yang mengakibatkan siswa pasif dalam proses pembelajaran fisika. Kondisi ini menyebabkan hasil belajar siswa belum optimal sehingga perlu dicari alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktivan siswa. Alternatif model pembelajaran yang dipilih adalah pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Problem Based Intruction (PBI). Penerapan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan PBI dapat mengaktifkan siswa, karena menekankan pada pembelajaran individu dalam kerja kelompok. Siswa juga mengalami langsung pembelajaran melalui penyelesaian permasalahan nyata sehingga siswa belajar dari fakta menuju konsep. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Hasil uji homogenitas dengan uji kesamaan dua varian menunjukkan sampel penelitian homogen. Rancangan penelitian menggunakan Control Group Pretest Posttest. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran kooperatif dengan pendekatan PBI lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori. Uji normalized gain menunjukkan peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,53 dan kelas kontrol sebesar 0,39. Uji hipotesis menggunakan uji t pihak kanan data hasil belajar kognitif diperoleh thitung= 4,10. Simpulan yang dapat diambil yaitu model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan PBI dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan PBI lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Problem Based Instruction (PBI), Hasil Belajar Kognitif.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 3314 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 00:56
Last Modified: 25 Apr 2015 06:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7596

Actions (login required)

View Item View Item