PENGARUH HASIL BELAJAR PENDIDIKAN BELA NEGARA TERHADAP SIKAP CINTA TANAH AIR PADA SISWA KELAS XI SMA TARUNA NUSANTARA MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011


Wiji Widyastuti, 3401407035 (2011) PENGARUH HASIL BELAJAR PENDIDIKAN BELA NEGARA TERHADAP SIKAP CINTA TANAH AIR PADA SISWA KELAS XI SMA TARUNA NUSANTARA MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang (UNNES).

[thumbnail of PENGARUH HASIL BELAJAR PENDIDIKAN BELA NEGARA TERHADAP SIKAP CINTA TANAH AIR PADA SISWA KELAS XI SMA TARUNA NUSANTARA MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011]
Preview
PDF (PENGARUH HASIL BELAJAR PENDIDIKAN BELA NEGARA TERHADAP SIKAP CINTA TANAH AIR PADA SISWA KELAS XI SMA TARUNA NUSANTARA MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Widyastuti, Wiji. 2011. Pengaruh Hasil Belajar Pendidikan Bela Negara Terhadap Sikap Cinta Tanah Air Pada Siswa Kelas XI SMA Taruna Nusantara Magelang Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci : Hasil Belajar Pendidikan Bela Negara, Sikap Cinta Tanah Air Pendidikan nasional bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, yang artinya tidak hanya menjadikan pandai secara intelektual, tetapi juga mempunyai tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Melalui Pendidikan Nasional diharapkan dapat menumbuhkan dan memperdalam rasa cinta tanah air, mempertebal semangat kebangsaan dan rasa kesetiakawanan sosial. Usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan seperti yang diharapkan, selain dengan memberdayakan semua komponen masyarakat juga dapat dilakukan dengan penyempurnaan kurikulum dan dengan mengefektifkan komponen-komponen yang mempengaruhi keberhasilan suatu pendidikan. SMA Taruna Nusantara merupakan lembaga pendidikan menengah atas yang telah mengembangkan kurikulum untuk mewujudkan visi dan misi yang hendak dicapainya. Nasionalisme dan cinta tanah air bangsa Indonesia yang disinyalir mulai luntur menjadikan SMA Taruna Nusantara mengembangkan kurikulum dengan menambahkan mata pelajaran Pendidikan Bela Negara. Dalam mata pelajaran Pendidikan Bela Negara dimana nilai-nilai cinta tanah air, nasionalisme dan patriotisme begitu ditekankan, maka sangat menarik untuk dijadikan penelitian, guna mengetahui apakah ada pengaruh hasil belajar pendidikan bela negara yang diberikan kepada siswa sebagai kurikulum khusus SMA Taruna Nusantara terhadap sikap cinta tanah air pada siswa kelas XI SMA Taruna Nusantara tahun pelajaran 2010/2011. Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut. 1) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Bela Negara sebagai kurikulum khusus di SMA Taruna Nusantara? 2) Adakah pengaruh hasil belajar Pendidikan Bela Negara terhadap sikap cinta tanah air pada siswa kelas XI SMA Taruna Nusantara pada semester gasal tahun pelajaran 2010/2011? Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Bela Negara sebagai kurikulum khusus di SMA Taruna Nusantara, 2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh hasil belajar Pendidikan Bela Negara terhadap sikap cinta tanah air pada siswa kelas XI SMA Taruna Nusantara pada semester gasal tahun pelajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Taruna Nusantara Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 306 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, karena subyek dianggap sama sehingga mempunyai kesempatan yang sama untuk dapat diambil menjadi sampel dengan jumlah 62 siswa. Variabel: 1) hasil belajar Pendidikan Bela Negara, dan 2) sikap cinta tanah air. Alat pengumpulan data yang digunakan ix x adalah angket. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif persentase dan korelasi product moment dengan uji t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan sikap cinta tanah air siswa SMA Taruna Nusantara menunjukkan kategori sangat baik sebanyak 40,32%, kategori baik 40,32% dan kategori cukup baik 19,35%. Pengaruh hasil belajar Pendidikan Bela Negara terhadap sikap cinta tanah air pada siswa kelas XI SMA Taruna Nusantara pada semester gasal tahun pelajaran 2010/2011 terdapat pengaruh yang signifikan, dari hasil perhitungan diperoleh t hitung sebesar 6,060 > t tabel pada dk =(N-2), dan taraf signifikan 5% yaitu sebesar 2,00. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut. 1) bagi Pamong Pendidikan Bela Negara, hendaknya dalam proses pembelajaran atau menyampaikan materi dapat lebih kreatif dalam memilih metode dengan tujuan untuk mengatasi hambatan-hambatan yang ada demi mengoptimalkan hasil yang dicapai, yakni mewujudkan tujuan pendidikan nasional dan mewujudkan visi, misi SMA Taruna Nusantara, 2) bagi pemerintah, diharapkan dapat mempertimbangkan untuk mengembangkan kurikulum bagi sekolah menengah di Indonesia dengan menjadikan mata pelajaran Pendidikan Bela Negara sebagai salah satu mata pelajaran dari kurikulum khusus, mengingat terdapat pengaruh yang signifikan antara pengetahuan bela negara terhadap sikap cinta tanah air.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Pendidikan Bela Negara, Sikap Cinta Tanah Air
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 3314 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 01:01
Last Modified: 25 Apr 2015 06:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7521

Actions (login required)

View Item View Item