ANALISIS KESESUAIAN SOAL TRY OUT UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMA/MA DI KABUPATEN REMBANG BERDASARKAN KISI-KISI BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TAHUN 2011
Aris Nur Ridho, 4101407084 (2011) ANALISIS KESESUAIAN SOAL TRY OUT UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMA/MA DI KABUPATEN REMBANG BERDASARKAN KISI-KISI BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TAHUN 2011. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (ANALISIS KESESUAIAN SOAL TRY OUT UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMA/MA DI KABUPATEN REMBANG BERDASARKAN KISI-KISI BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TAHUN 2011)
- Published Version
Download (92kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ridho, Aris Nur. 2011. Analisis Kesesuaian Soal Try Out Ujian Nasional SMA/MA di Kabupaten Rembang Berdasarkan Kisi-kisi Badan Standar Nasional Pendidikan Tahun 2011. Skripsi, Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Utama Dr. Rochmad, M.Si. dan Pembimbing Pendamping Alamsyah, S.Si., M.Kom. Kata kunci: Analisis Kesesuaian, Soal Try Out Ujian Nasional, Kisi-kisi. Soal Ujian Nasional (UN) matematika disusun berdasarkan kisi-kisi ujian nasional yang telah ditetapkan BSNP. Maka dari itu, soal try out ujian nasional harus dibuat berdasarkan kisi-kisi tersebut agar peserta didik mendapatkan latihan soal yang tepat dalam persiapan menghadapi ujian nasional. Namun tidak semua guru matematika menyusun soal try out sesuai dengan indikator yang ingin dicapai dalam kisi-kisi tersebut sehingga kurang memenuhi standar yang telah ditentukan. Oleh karena itu, diadakan penelitian untuk mengetahui kesesuaian soal try out ujian nasional matematika SMA/MA (program IPA dan Program IPS) yang disusun oleh guru matematika SMA/MA di Kabupaten Rembang serta untuk mengetahui hubungan antara hasil try out ujian nasional dengan hasil ujian nasional matematika SMA/MA di Kabupaten Rembang tahun 2011. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Rembang yang memiliki 14 SMA dan 16 MA. Dipilih delapan SMA/MA berdasarkan kelompok dan latar belakangnya. Masing-masing sekolah diambil satu soal try out UN matematika (program IPA) dan satu soal try out UN matematika (program IPS) beserta hasilnya. Sebagai data pembanding diambil juga soal try out yang disusun oleh tim MGMP SMA dan soal try out yang disusun oleh tim MGMP MA di Kabupaten Rembang. Soal-soal tersebut dianalisis kesesuaiannya dengan kisi-kisi UN menggunakan uji deskriptif persentase. Selain itu, juga diperlukan hasil ujian nasional matematika dari masing-masing SMA/MA untuk menghitung korelasi antara hasil try out dan hasil ujian nasional dengan perhitungan korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa tingkat kesesuaian soal try out ujian nasional matematika SMA/MA (program IPA dan program IPS) di Kabupaten Rembang dengan kisi-kisi UN dari BSNP cukup tinggi. Namun soal-soal tersebut belum sepenuhnya sesuai dengan seluruh indikator yang ingin dicapai dalam kisi-kisi tersebut karena masih ada beberapa indikator yang belum dipenuhi oleh soal. Sedangkan dari perhitungan korelasi diketahui bahwa terdapat hubungan (korelasi) positif yang signifikan antara hasil try out dan hasil ujian nasional matematika SMA/MA (program IPA dan program IPS) di Kabupaten Rembang tahun ajaran 2010/2011. Menindaklanjuti hal tersebut, hendaknya dalam menyusun soal try out ujian nasional, guru sepenuhnya mengikuti indikator dalam kisi-kisi ujian nasional. Untuk pihak sekolah, diharapkan lebih intensif untuk melaksanakan try out ujian nasional agar peserta didik lebih mantap dalam menghadapi UN. Selain itu, diperlukan penelitian lain sebagai tindak lanjut dari penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kesesuaian, Soal Try Out Ujian Nasional, Kisi-kisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Users 3259 not found. |
Date Deposited: | 14 Nov 2011 01:44 |
Last Modified: | 14 Nov 2011 01:44 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7377 |
Actions (login required)
View Item |