Pengaruh Kompetensi Guru Sejarah Dalam Memanfaatkan Sumber dan Media Belajar Dengan Kualitas Pembelajaran Siswa Kelas X di SMA Negeri Kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2008/2009.


Danang Supriyono, 3101405015 (2009) Pengaruh Kompetensi Guru Sejarah Dalam Memanfaatkan Sumber dan Media Belajar Dengan Kualitas Pembelajaran Siswa Kelas X di SMA Negeri Kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kompetensi Guru Sejarah Dalam Memanfaatkan Sumber dan Media Belajar Dengan Kualitas Pembelajaran Siswa Kelas X di SMA Negeri Kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2008/2009.]
Preview
PDF (Pengaruh Kompetensi Guru Sejarah Dalam Memanfaatkan Sumber dan Media Belajar Dengan Kualitas Pembelajaran Siswa Kelas X di SMA Negeri Kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2008/2009.) - Published Version
Download (925kB) | Preview

Abstract

Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang sekarang diterapkan di sekolah-sekolah guru tidak lagi berperan sebagai aktor/aktris utama dalam proses pembelajaran karena pembelajaran dapat dilakukan dengan mendayagunakan aneka ragam sumber belajar. Disinyalir ada kecenderungan guru jarang memanfaatkan atau menggunakan sumber dan media belajar dalam kegiatan belajar mengajar sejarah. Selain itu berdasarkan hasil penelitian tentang profesionalisme guru dan mutu pendidikan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah (2006:20) menyimpulkan bahwa kompetensi guru se-Jawa Tengah masih rendah. Padahal untuk mencapai mutu pendidikan yang berkualitas, dalam Undang-Undang Guru dan Dosen tahun 2005 menyatakan dengan tegas bahwa setiap guru memiliki beberapa kompetensi, diantaranya yaitu setiap guru memiliki beberapa kompetensi diantaranya kompetensi dalam memanfaatkan sumber dan media belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana kompetensi guru dalam memanfaatkan sumber dan media belajar pada pembelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri Kabupaten Jepara tahun ajaran 2008/2009, (2) bagaimana pengaruh kompetensi guru dalam memanfaatkan sumber dan media belajar dengan kualitas pembelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri Kabupaten Jepara tahun ajaran 2008/2009. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah di SMA Negeri se-Kabupaten Jepara. Sasaran dari penelitian ini adalah guru sejarah dan siswa di kelas X. Fokus dalam penelitian ini adalah pengaruh kompetensi guru sejarah dalam memanfaatkan sumber dan media belajar dengan kualitas pembelajaran pada siswa kelas X SMA Negeri Kabupaten Jepara tahun ajaran 2008/2009. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Dalam memperoleh data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik tringulasi sumber peneliti gunakan untuk menguji keabsahan data. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian manunjukkan bahwa kemampuan guru dalam penggunaan sumber belajar pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri Kabupaten Jepara dapat dikatakan baik. Guru sejarah dalam memilih sumber belajar telah menyesuaikan dengan kurikulum (materi/silabus) sehingga dapat menentukan sumber belajar mana yang dipakai. Dalam proses pembelajaran guru telah mampu menggunakan sumber belajar cetak dan non cetak. Kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri Kabupaten Jepara sudah baik. Guru sejarah dalam pemilihan media pembelajaran telah menyesuaikan dengan materi/metode yang digunakan. Pengaruh kompetensi guru dalam memanfaatkan sumber dan media belajar dengan kulaitas pembelajaran pada siswa kelas X di SMA Negeri Kabupaten Jepara dapat dikatakan cukup baik. Hal ini terlihat dari guru dalam menyediakan sumber dan media belajar telah menyesuaikan dengan pokok bahasan materi pelajaran. Hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah juga dapat dikatakan baik, sebab dari waktu ke waktu nilai siswa meningkat. Minat siswa pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri Kabupaten Jepara yang peneliti teliti sudah baik. Hal ini terbukti dari meningkatnya hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah. Namun demikan, upaya peningkatan kompetensi guru sejarah dalam menggunakan sumber dan media belajar pada proses pembelajaran di SMA Negeri Kabupaten Jepara belum maksimal. Saran yang diajukan dalam penulisan skripsi ini yaitu: (1) bagi sekolah supaya melengkapi sarana dan prasana pembelajaran (sumber belajar dan media pembelajaran) dan mengirimkan guru-guru sejarah untuk mengikuti pelatiahan, lokakarya, dan seminar, (2) bagi guru sejarah supaya aktif mencari dan membuat sumber media belajar serta menggunakannya di setiap pokok bahasan pelajaran. Selain itu mengembangkan kemampuannya melalui pelatihan-pelatihan dan aktif dalam MGMP, (3) bagi forum MGMP supaya mengupayakan pengembangan sumber dan media pemelajaran sejarah agar guru tidak lagi kesulitan dalam mencarinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru Sejarah, Sumber dan Media Belajar, Kualitas Pembelajaran
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 21 Mar 2011 01:17
Last Modified: 25 Apr 2015 03:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/72

Actions (login required)

View Item View Item