PENERAPAN LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 ROWOSARI KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2010/2011


Dini Prihartini, 3101407066 (2011) PENERAPAN LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 ROWOSARI KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 ROWOSARI KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2010/2011]
Preview
PDF (PENERAPAN LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 ROWOSARI KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2010/2011) - Published Version
Download (180kB) | Preview

Abstract

Prihartini, Dini. 2011. Penerapan Lesson Study Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Sejarah Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Rowosari Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci : Lesson Study Berbasis Sekolah, Kualitas Pembelajaran, Pembelajaran Sejarah. Dalam proses pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Rowosari, guru lebih dominan dalam menyampaikan materi. Siswa lebih banyak mencatat karena memang kemampuan siswa terletak pada catatan. Pembelajaran yang berlangsung bersifat satu arah. Siswa memiliki kesulitan dalam berkomunikasi dan berinteraksi baik dengan guru maupun dengan siswa lainnya. Oleh karena itu diperlukan upaya perbaikan cara mengajar guru dalam pembelajaran Sejarah yaitu penerapan lesson study berbasis sekolah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan lesson study berbasis sekolah dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Sejarah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Rowosari tahun ajaran 2010/2011. Lesson study adalah suatu bentuk kegiatan pengembangan keprofesionalan guru yang bercirikan guru membuka pelajaran yang dikelolanya untuk guru sejawat lainnya sebagai observer, sehingga memungkinkan para guru saling membagi pengalaman pembelajaran. Proses pada lesson study berbasis sekolah melibatkan para guru dalam kelompok-kelompok diskusi kecil dengan aktivitas antara lain adalah berdiskusi merencanakan proses belajar mengajar, mengajar, melakukan observasi terhadap proses belajar mengajar dan melakukan diskusi setelah pembelajaran untuk melakukan berbagai pembelajaran untuk melakukan berbagai perbaikan bagi proses berikutnya. Penelitian ini menggunakan dua jenis pendekatan yaitu kualitatif dan kuantitatif Dengan desain menggunakan siklus I dan siklus II karena peneliti berupaya memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran Sejarah dengan menerapkan lesson study berbasis sekolah. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Rowosari tahun ajaran 2010/2011. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan lesson study berbasis sekolah dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan kinerja guru dan keaktivan siswa. Peningkatan ini juga diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 SMA N 1 Rowosari tahun ajaran 2010/2011.Hasil penelitian siklus I pembelajaran menggunakan metode listening team melalui penerapan lesson study berbasis sekolah menunjukkan nilai rata-rata kelas naik menjadi 73, 18 dari data awal 66, 19. Presentase ketuntasan naik menjadi 72, 73% dari 48, 49% pada data awal. Hasil penelitian siklus II menunjukkan rata-rata kelas naik menjadi 77, 27 dengan presentase ketuntasan menjadi 90, 91%. Analisis meningkatnya keaktifan belajar siswa diperoleh melalui hasil observasi aktifitas siswa dari kesiapan, keaktifan maupun perilaku selama proses viii ix pembelajaran yang hasilnya pada siklus I menunjukkan 50 % dan siklus II menunjukkan 64%. Hasil pengamatan terhadap kinerja guru mengalami peningkatan yaitu dari 58, 82 pada siklus I menjadi 74, 11% pada siklus II, hal ini karena guru sudah dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan baik sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan lesson study berbasis sekolah dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Sejarah kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Rowosari Kabupaten Kendal. Hasil penelitian diharapkan dapat bermanfaat bagi mahasiswa dan praktisi pendidikan serta bagi sekolah-sekolah lain untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lesson Study Berbasis Sekolah, Kualitas Pembelajaran, Pembelajaran Sejarah.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 3264 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 01:55
Last Modified: 14 Nov 2011 01:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7198

Actions (login required)

View Item View Item