PENGARUH LATIHAN MULTIPLE BOX TO BOX JUMPS DAN HURDLE HOPS TERHADAP TENDANGAN SHOOTING PADA PEMAIN KU 14-15 TAHUN DI SSB PUTRA MUSTIKA BLORA TAHUN 2011
MOH. NANANG EKO W.K, 6301407100 (2011) PENGARUH LATIHAN MULTIPLE BOX TO BOX JUMPS DAN HURDLE HOPS TERHADAP TENDANGAN SHOOTING PADA PEMAIN KU 14-15 TAHUN DI SSB PUTRA MUSTIKA BLORA TAHUN 2011. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGARUH LATIHAN MULTIPLE BOX TO BOX JUMPS DAN HURDLE HOPS TERHADAP TENDANGAN SHOOTING PADA PEMAIN KU 14-15 TAHUN DI SSB PUTRA MUSTIKA BLORA TAHUN 2011 SKRIPSI Diajukan dalam rangka penyelesaian Studi Strata 1 Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Ole)
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Moh.Nanang Eko W. K. 2011. Pengaruh latihan multiple box to box jumps dan hurdle hops terhadap tendangan shooting pada pemain KU 14-15 Tahun di SSB Putra Mustika Blora.UNNES 2011 Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) apakah ada pengaruh latihan multiple box to box jumps terhadap tendangan shooting 2) apakah ada pengaruh latihan hurdle hops terhadap tendangan shooting 3) latihan manakah yang lebik baik antara multiple box to box jumps dan hurdle hops terhadap tendangan shooting pada pemain KU 14-15 tahun di SSB Putra Mustika Kabupaten Blora tahun 2011. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh dan manakah yang lebih efektif antara hasil latihan multiple box to box jumps dan hurdle hops terhadap shooting pada pemain KU 14-15 tahun di SSB Putra Mustika Kabupaten Blora tahun 2011. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pemain KU 14-15 tahun SSB Putra Mustika Kabupaten Blora tahun 2011 yang berjumlah 30 pemain. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling sejumlah 20 pemain, kemudian dilakukan tes awal tendangan shooting, hasil dari tes awal tersebut dirangking (dipasangkan) dengan menggunakan rumus a-b-b-a dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen I dan kelompok eksperimen II. Perlakuan dalam penelitian ini adalah latihan multiple box to box jumps dan latihan hurdle hops dengan setiap 3 kali tatap muka beban latihan ditingkatkan dengan jumlah repetisinya selalu ditambah, sedangkan jumlah setnya tetap yaitu 3 set setiap tatap muka. Selanjutnya untuk menganalisa data menggunakan pola M – S (Matching Subject Designs) dengan analisis statistik t-test. Hasil analisis 1) kelas eksperimen I diperoleh t-hitung 6,450 dengan taraf signifikan 5%, diperoleh t-tabel 2,262, t-hitung 6,450 > t-tabel 2,262, berarti ada pengaruh hasil latihan multiple box to box jumps terhadap tendangan shooting.2) kelas eksperimen II diperoleh t-hitung 3,515 dengan taraf signifikan 5% diperoleh t-tabel 2,262, t-hitung 3,515 > t-tabel 2,262 berarti ada pengaruh hasil latihan hurdle hops terhadap tendangan shooting.3) hasil analisis kelompok eksperimen I dan kelompok eksperimen II diperoleh t-hitung 2,816 dengan taraf signifikan 5% diperoleh t-tabel 2,262, t-hitung 2,816 > t-tabel 2,262 berarti ada pengaruh hasil latihan hurdle hops dan multiple box to box jumps terhadap tendangan shooting. Mean kelompok eksperimen I adalah 54 sedangkan mean kelompok eksperimen II adalah 45. Sehingga latihan multiple box to box jumps lebih baik dibandingkan latihan hurdle hops. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa latihan multiple box to box jumps lebih baik daripada latihan hurdle hops terhadap tendangan shooting pada pemain KU 14-15 SSB Putra Mustika Blora tahun 2011. Untuk itu disarankan : 1) Para pemain sebaiknya melakukan latihan multiple box to box jumps untuk meningkatkan tendangan shooting. 2) Pelatih sebaiknya memberikan latihan multiple box to box jumps dan latihan hurdle hops kepada para pemain karena sama-sama melatih tendangan shooting
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1 |
Depositing User: | Users 3257 not found. |
Date Deposited: | 14 Nov 2011 01:57 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 19:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7163 |
Actions (login required)
View Item |