PENGARUH PEMBELAJARAN PQ4R DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA KELAS XI PADA MATERI ASAM BASA SISWA SMA 2 BAE
ASTRIYANI PRASETYASARI, 4301407017 (2011) PENGARUH PEMBELAJARAN PQ4R DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA KELAS XI PADA MATERI ASAM BASA SISWA SMA 2 BAE. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGARUH PEMBELAJARAN PQ4R DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA KELAS XI PADA MATERI ASAM BASA SISWA SMA 2 BAE)
Download (205kB) | Preview |
Abstract
Prasetyasari, Astriyani. 2011. Pengaruh Pembelajaran PQ4R dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Materi Asam Basa Kelas XI Siswa SMA 2 Bae. Skripsi, Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Ersanghono Kusumo, M.S, Pembimbing II: Dra. Titi Wahyukaeni, M.Pd. Kata Kunci : pengaruh, PQ4R, Mind Mapping, Hasil Belajar Mata pelajaran kimia merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa. Kesulitan siswa dalam mempelajari suatu materi sangat tergantung pada cara guru mengajar. Cara pengajaran kimia di SMA 2 Bae masih menggunakan metode konvensional, sehingga diperlukan pembelajaran inovatif untuk mengatasi kesulitan yang dialami oleh siswa. Dalam penelitian ini pembelajaran inovatif yang digunakan adalah strategi PQ4R dengan teknik mind mapping. Strategi PQ4R memiliki 6 langkah yaitu Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review. Teknik Mind Mapping merupakan salah satu teknik mencatat yang dapat meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran PQ4R dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Materi Asam Basa Kelas XI Siswa SMA 2 Bae. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas XI IPA SMA 2 Bae tahun pelajaran 2010/2011. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XIIPA 2 sebagai kelas eksperimen diberi metode PQ4R dengan teknik mind mapping dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol diberi metode PQ4R. Teknik pengumpulan data yang digunakan dokumentasi, tes, angket dan observasi. Metode analisis data terdiri dari analisis tahap awal meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan analisis tahap akhir meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji perbedaan dua rata-rata, analisis pengaruh antar variabel, penentuan koefisien determinasi, dan analisis hasil angket dan observasi. Diperoleh simpulan hipotesis bahwa penerapan pembelajaran PQ4R dengan teknik mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar kimia materi Asam Basa. Kesimpulan pada penelitian ini penerapan pembelajaran PQ4R dengan teknik mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar kimia materi Asam Basa siswa kelas XI SMA 2 Bae dengan kontribusi sebesar 22,92%. Saran yang dapat diberikan pada penelitian ini antara lain agar pembelajaran PQ4R dengan teknik mind mapping dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar serta guru diharapkan dapat menerapkan pembelajaran PQ4R dengan teknik mind mapping dengan berbagai variasi sehingga dapat diterapkan pada materi selain asam basa, bahkan untuk mata pelajaran selain kimia.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengaruh, PQ4R, Mind Mapping, Hasil Belajar |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Users 3257 not found. |
Date Deposited: | 14 Nov 2011 01:59 |
Last Modified: | 14 Nov 2011 01:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7134 |
Actions (login required)
View Item |