STUDI DESKRIPTIF KEMAMPUAN GURU BAHASA PRANCIS DI KABUPATEN PEMALANG DALAM MENGEMBANGKAN SILABUS BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
Norma Apria Fitrika, 2301407009 (2011) STUDI DESKRIPTIF KEMAMPUAN GURU BAHASA PRANCIS DI KABUPATEN PEMALANG DALAM MENGEMBANGKAN SILABUS BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (STUDI DESKRIPTIF KEMAMPUAN GURU BAHASA PRANCIS DI KABUPATEN PEMALANG DALAM MENGEMBANGKAN SILABUS BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN)
- Published Version
Download (89kB) |
Abstract
Apria Fitrika, Norma 2011. Studi Deskriptif Kemampuan Guru Bahasa Prancis Di Kabupaten Pemalang Dalam Mengembangkan Silabus Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Asing. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Prof. Dr. Astini Su’udi. Pembimbing II. Dra. Dwi Astuti, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Guru Bahasa Prancis, Silabus Bahasa Prancis, KTSP. ` Salah satu komponen penting dari sistem pendidikan adalah kurikulum yang dijadikan acuan oleh setiap satuan pendidikan. Dalam upaya pencapaian pelaksanaan kurikulum di dunia pendidikan, pembelajaran diselenggarakan sesuai dengan kurikulum yang mengacu pada tingkat satuan pendidikan yang lebih dikenal dengan istilah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Panduan KTSP yang disusun oleh BSNP memiliki empat komponen (Muslich 2007:29), yaitu: (1) Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, (2) Struktur dan muatan KTSP, (3) Kalender pendidikan, (4) Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Oleh karena penyusunan silabus diserahkan kepada musyawarah guru, diduga pemahaman mereka terhadap panduan tidak sama sehingga memungkinkan silabus yang disusun di lapangan melenceng dari panduan. Untuk itu peneliti ingin mengetahui apakah silabus bahasa Prancis di kabupaten Pemalang dikembangkan sesuai dengan prinsip pengembangan silabus dalam KTSP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah silabus bahasa Prancis di kabupaten Pemalang dikembangkan sesuai dengan prinsip pengembangan silabus dalam KTSP. Dari hasil analisis silabus tersebut akan mengidentifikasikan kemampuan guru bahasa Prancis dalam mengembangkan silabus. Variabel penelitian ini adalah kemampuan guru bahasa Prancis se-kabupaten Pemalang dalam mengembangkan silabus bahasa Prancis.Sumber Data pada penelitian ini adalah silabus bahasa Prancis SMA buatan guru bahasa Prancisse-kabupaten Pemalang yang hasilnya mengindikasikan kemampuan guru bahasa Prancis dalam mengembangkan silabus. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan prinsip pengembangan slabus berdasarkan KTSP. Hasil analisis menunjukkan bahwa silabus guru bahasa Prancis di Pemalang belum dikembangkan sesuai prinsip pengembangan silabus dalam KTSP. Pada komponen indikator, kegiatan pembelajaran, materi pembelajaran dan evaluasi pembelajaran tidak sesuai dengan kriteria pengembangan silabus berdasarkan KTSP. Hanya komponen materi yang sudah diekambangkan sesuai dengan prinsip pengembangan silabus. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan guru bahasa Prancis di Pemalang masih belum sempurna dalam mengembangkan silabus.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Guru Bahasa Prancis, Silabus Bahasa Prancis, KTSP |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1) |
Depositing User: | Users 3258 not found. |
Date Deposited: | 14 Nov 2011 02:01 |
Last Modified: | 14 Nov 2011 02:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7116 |
Actions (login required)
View Item |