PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA LANCAR MELALUI PERMAINAN SCRABBLE PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR


AMINAH, 1402407181 (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA LANCAR MELALUI PERMAINAN SCRABBLE PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA LANCAR MELALUI PERMAINAN SCRABBLE]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA LANCAR MELALUI PERMAINAN SCRABBLE) - Published Version
Download (112kB) | Preview

Abstract

Aminah. 2011. Peningkatan Keterampilan Membaca Lancar melalui Permainan Scrabble pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Sarjana pendidikan Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci : Keterampilan membaca Lancar dan permainan Scrabble. Menurunnya hasil keterampilan membaca siswa kelas IC SDN Petompon 02 Semarang pada mata pelajaran bahasa Indonesia terlihat dari pemahaman membaca siswa. Faktor yang menyebabkan hasil pemahaman membaca antara lain: guru kurang inovatif, menggunakan metode konvensional, malas mengeja, sulit memahami isi bacaan, tidak mau belajar membaca dengan sungguh-sungguh. Rumusan masalahnya 1) Bagaimanakan keterampilan guru guru kelas IC SDN Petompon 02 dalam pembelajaran membaca lancar menggunakan permainan scrabble? 2) Bagaimanakah aktivitas siswa kelas IC SDN Petompon 02 Semarang dalam pembelajaran membaca lancar dengan menggunakan permainan scrabble? 3) Bagaimanakah keterampilan membaca lancar siswa kelas IC SDN Petompon 02 Semarang dalam pembelajaran membaca lancar dengan menggunakan permainan scrabble? 4) Bagaimanakah pemahaman membaca siswa kelas IC SDN Petompon 02 Semarang dalam pembelajaran membaca lancar menggunakan permainan scrabble? Tujuan umum penelitian tindakan kelas ini adalah mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran membaca lancar menggunakan permainan scrabble pada siswa kelas I SDN Petompon 02 Semarang. Tujuan khusus dari penelitian tindakan kelas ini antara lain: 1) Mendeskripsikan keterampilan guru kelas IC SDN Petompon 02 Semarang dalam pembelajaran membaca lancar menggunakan permainan scrabble. 2) Mendeskripsikan aktivitas siswa kelas IC SDN Petompon 02 Semarang dalam pembelajaran membaca lancar dengan menggunakan permainan scrabble. 3) Meningkatkan keterampilan membaca lancar siswa kelas IC SDN Petompon 02 Semarang dalam pembelajaran membaca lancar menggunakan permainan scrabble. 4) Meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas IC SDN Petompon 02 Semarang dalam pembelajaran keterampilan membaca menggunakan permainan scrabble. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dengan jumlah siswa 40 terdiri dari 22 siswa putra dan 18 siswa putri dan guru kelas IC SDN Petompon 02 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen, tes, observasi, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Keterampilan guru dalam pembelajaran membaca lancar mengalami peningkatan. Pada siklus I guru memperoleh nilai rata-rata 26 kriteria baik dengan persentase 72,22%. Kemudian pada siklus II penilaiannya meningkat menjadi 29 kriteria baik dengan persentase 80,56% pada siklus III penilaiannya meningkat menjadi 30 kriteria sangat baik dengan persentase 83,34%. 2) Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan dilihat dari hasil observasi. Pada siklus I memperoleh rata-rata 24,65 kriteria baik dengan persentase 68,47% pada siklus II meningkat menjadi 27,1 kriteria baik dengan persentase 82% meningkat menjadi 29,4 kriteria sangat baik dengan persentase 81,67% pada siklus III. 3) Keterampilan membaca lancar mengalami peningkatan. Pada siklus I memperoleh rata-rata 13,25 dengan kriteria baik dan meningkat menjadi 13,63 dengan kriteria sangat baik. 4) Hasil pemahaman membaca mengalami peningkatan untuk siklus I memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 72,50% meningkat menjadi 77,50% pada siklus II dan 80% pada siklus III. Berdasarkan simpulan yang dibuat, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran membaca lancar menggunakan permainan scrabble dapat meningkatkan keterampilan membaca lancar dan pemahaman membaca siswa kelas IC SDN Petompon 02.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca Lancar dan permainan Scrabble
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 3258 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2011 02:02
Last Modified: 14 Nov 2011 02:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7105

Actions (login required)

View Item View Item