Efektifitas Metode Pembelajaran Student Team Achievement Division Berbantuan Media CD Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Laporan Arus Kas Kelas X SMK Negeri 1 Kendal Tahun Ajaran 2010/2011
Muslikhatun, 7101407020 (2011) Efektifitas Metode Pembelajaran Student Team Achievement Division Berbantuan Media CD Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Laporan Arus Kas Kelas X SMK Negeri 1 Kendal Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Efektifitas Metode Pembelajaran Student Team Achievement Division Berbantuan Media CD Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Laporan Arus Kas Kelas X SMK Negeri 1 Kendal Tahun Ajaran 2010/2011)
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Muslikhatun. 2011. “Efektifitas Metode Pembelajaran Student Team Achievement Division Berbantuan Media CD Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Laporan Arus Kas Kelas X SMK Negeri 1 Kendal Tahun Ajaran 2010/2011”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Drs. Agus Wahyudin, M.Si. II. Trisni Suryarini, SE, M.Si. Kata kunci: Hasil belajar laporan arus kas, Student Team Achievement Division (STAD), Media CD Pembelajaran Hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Kendal kompetensi dasar laporan arus kas masih kurang memuaskan dimana mayoritas siswa mendapat nilai kurang dari KKM yang disyaratkan di sekolah. Hal ini disebabkan siswa merasa jenuh karena dalam pembelajaran guru selalu menggunakan metode ceramah serta kurangnya penggunaan variasi media. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah (1) Adakah perbedaan hasil belajar kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, (2) apakah metode pembelajaran STAD berbantuan media CD pembelajaran lebih efektiv dibanding dengan metode ceramah pada pembelajaran laporan arus kas bagi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Kendal tahun ajaran 2010/1011. kelas X SMK Negeri 1 Kendal Tahun ajaran 2010/2011 Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tiga kali pertemuan. Kelas X Ak 3 bertindak sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas X Ak 2 bertindak sebagai kelas kontrol. Tiap-tiap pertemuan terdiri dari tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan penutup. Pengambilan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan Uji Beda t (Independent Sample T-test) dan Uji Deskriptif. Pengujian data dengan menggunakan Independent Sample T-test pada nilai post-test menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Sedangkan uji deskriptif post-test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yang membuktikan bahwa kelas eksperimen lebih efektiv daripada kelas kontrol. Ada perbedaan hasil belajar akuntansi antara pembelajaran menggunakan metode STAD berbantuan media CD dengan metode ceramah pada kompetensi dasar laporan arus kas kelas X SMK N 1 Kendal disamping itu pembelajaran kelas eksperimen yang menggunakan metode STAD berbantuan CD pembelajaran lebih efektiv dari pada pembelajaran dengan metode ceramah di kelas kontrol. Saran yang dapat diberikan antara lain: (1) Metode Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dapat digunakan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran akuntansi pada kompetensi dasar laporan arus kas. (2) Media CD pembelajaran juga dapat digunakan sebagai salah satu media dalam pembelajaran akuntansi. (3) Dalam
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar laporan arus kas, Student Team Achievement Division (STAD), Media CD Pembelajaran |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 12 Nov 2011 03:57 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7051 |
Actions (login required)
View Item |