Pengembangan Bahan Ajar Materi Jamur Berbasis Kinerja Siswa.
Feri Sa’diyati , 4401405042 (2011) Pengembangan Bahan Ajar Materi Jamur Berbasis Kinerja Siswa. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pengembangan Bahan Ajar Materi Jamur Berbasis Kinerja Siswa.)
- Submitted Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah kurikulum yang dikembangkan sesuai dengan satuan pendidikan, potensi sekolah/daerah, sosial budaya masyarakat setempat, dan karakteristik siswa. Pembelajaran Biologi dalam KTSP menuntut siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran dan dapat bersikap layaknya seorang ilmuan (scientist) yang mempelajari gejala-gejala alam melalui observasi, eksperimen dan analisis yang rasional. Keberadaan bahan ajar dalam kegiatan belajar mengajar sangat diperlukan untuk mendukung kegiatan tersebut. Bahan ajar merupakan salah satu komponen sistem pembelajaran yang memegang peranan penting dalam membantu siswa mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar. Jamur adalah salah satu bidang dalam Biologi yang dalam mempelajarinya diperlukan adanya pengamatan, percobaan dan kajian literarur. Terkait hal tersebut, diperlukan bahan ajar yang membantu siswa untuk mewujudkan aktivitas tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar materi jamur berbasis kinerja siswa yang disusun dengan memperhatikan prinsip-prinsip PAKEM. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Uji coba dilaksanakan di kelaas X.3, X.4, dan X.6 SMA Negeri 11 Semarang tahun ajaran 2010/2011. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui penilaian pakar terhadap bahan ajar materi jamur berbasis kinerja siswa mencapai kelayakan sebesar 95%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar yang disusun sangat layak menurut standar penilaian BSNP. Penilaian tersebut didukung dengan pendapat guru dari hasil wawancara yang memberikan penilaian positif terhadap bahan ajar yang disusun. Rata-rata kinerja siswa dalam pembelajaran dari dua kali uji coba menunjukkan nilai 8 dan 9, yang menunjukkan parameter baik dan sangat baik. Tanggapan siswa yang diperoleh melalui angket, bahan ajar dapat membantu dalam memahami materi dan memotivasi belajar, serta membantu mereka belajar bekerja dan berpikir ilmiah dengan adanya kegiatan pengamatan dan percobaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar materi jamur berbasis kinerja siswa layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan penilaian BSNP.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahan ajar, materi jamur, kinerja siswa |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QK Botany |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | eko handoyo perpustakaan |
Date Deposited: | 10 Nov 2011 08:14 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7026 |
Actions (login required)
View Item |