PEMANFAATAN PENINGGALAN-PENINGGALAN SEJARAH DI KABUPATEN JEPARA SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SISWA SMA NEGERI DAN SWASTA DI KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2010/2011


Ilham Kurniantoro , 3101406533 (2011) PEMANFAATAN PENINGGALAN-PENINGGALAN SEJARAH DI KABUPATEN JEPARA SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SISWA SMA NEGERI DAN SWASTA DI KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMANFAATAN PENINGGALAN-PENINGGALAN SEJARAH DI KABUPATEN JEPARA SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SISWA SMA NEGERI DAN SWASTA  DI KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2010/2011]
Preview
PDF (PEMANFAATAN PENINGGALAN-PENINGGALAN SEJARAH DI KABUPATEN JEPARA SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SISWA SMA NEGERI DAN SWASTA DI KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2010/2011) - Published Version
Download (961kB) | Preview

Abstract

Peninggalan-peninggalan bersejarah yang tersebar di sebagian besar Kabupaten Jepara, setidaknya telah memberikan pengaruh bagi siswa-siswi SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Jepara tentang antusias dalam mempelajari situs peninggalan bersejarah di daerahnya sendiri. Penelitian ini mengungkapkan tentang pemanfaatan peninggalan-peninggalan sejarah di Kabupaten Jepara sebagai sumber belajar pada siswa SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Jepara tahun ajaran 2010/2011. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pengajaran sejarah di SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Jepara tahun ajaran 2010/2011, (2) apa saja yang digunakan oleh siswa sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah, (3) seberapa jauh peninggalan Islam pada situs Mantingan yang digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan lokasi penelitian di SMA Negeri dan Swasta se-Kabupaten Jepara. Informan dalam penelitian ini adalah guru sejarah SMA Negeri dan Swasta se-Kabupaten Jepara dan beberapa siswa SMA Negeri dan Swasta se-Kabupaten Jepara kelas XI IPA dan XI IPS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, pengamatan, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis model interaktif, terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari keseluruhan hasil penelitian, bentuk pemanfaatan situs-situs peninggalan sejarah sebagai sumber belajar sejarah siswa SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Jepara dinyatakan sudah berhasil meskipun belum optimal. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa situs-situs peninggalan sejarah di Kabupaten Jepara belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh siswa sebagai sumber belajar. Adapun dari hasil tersebut yang menunjukkan bahwa siswa kurang memiliki pengetahuan tentang situs sejarah sebagai sumber belajar. Selain dari pada itu ada pula yang menunjukkan bahwa siswa memiliki pengetahuan tentang situs sejarah sebagai sumber sejarah adalah sebagai berikut : a) guru tidak terbiasa dalam memanfaatkan situs-situs peninggalan sejarah sebagai sumber sejarah, sehingga siswa kurang memahami situs-situs peninggalan di Kabupaten Jepara, b) tujuan kunjungan siswa ke situs-situs peninggalan sejarah hanya untuk memenuhi tugas dari guru saja. Mereka belum benar-benar memahami untuk memanfaatkan situs-situs peninggalan sejarah sebagai sumber belajar sejarah mereka, c) pelayanan disitus-situs peninggalan di Kabupaten Jepara cenderung ditujukan kepada para mahasiswa, peneliti, dan umum, sementara pelayanan untuk para siswa baik di tingkat SD, SMP, SMA masih kurang maksimal sehingga perlu sosialisasi ke sekolah-sekolah, d) kurangnya informasi tentang penyalahgunaan situs-situs peninggalan sejarah di Kabupaten Jepara sebagai sarana untuk menambah pengetahuan. Memperhatikan adanya hasil akhir penelitian pada siswa SMA Negeri dan Swasta, maka pada kesimpulannya bahwa situs-situs sejarah peninggalan di Kabupaten Jepara belum dimanfaatkan secara maksimal sebagai sumber belajar sejarah, maka perlu adanya stimulan kepada masyarakat di lingkungan dunia pendidikan sehingga situs-situs peninggalan sejarah dapat dimanfaatkan dalam rangka menunjang pendidikan nasional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peninggalan-peninggalan bersejarah di Kabupaten Jepara, Pembelajaran Sejarah, Sumber Belajar Sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2011 01:41
Last Modified: 25 Apr 2015 06:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/7000

Actions (login required)

View Item View Item