(ABSTRAK)Peningkatan Kemampuan Menggambar Bentuk pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 2 Pegandon melalui Pembelajaran Outdoor
Andika Dwi Prayudi , 2401406037 (2011) (ABSTRAK)Peningkatan Kemampuan Menggambar Bentuk pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 2 Pegandon melalui Pembelajaran Outdoor. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF ((ABSTRAK)Peningkatan Kemampuan Menggambar Bentuk pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 2 Pegandon melalui Pembelajaran Outdoor)
- Published Version
Download (65kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran seni rupa dalam dunia pendidikan merupakan salah satu sarana dan media yang bisa digunakan untuk mengembangkan keterampilan anak. Baik dengan cara mengenali dan melatih kemampuan psikomotorik diri anak maupun dengan menggali bakat yang sudah dimiliki sebagai sumber kemampuan individu yang perlu diolah dan dilatih secara terus-menerus agar keterampilan pada diri anak menjadi berkembang dengan pesat. Siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Pegandon dalam mata pelajaran seni rupa khususnya pembelajaran menggambar bentuk menunjukkan hasil yang belum maksimal. Hal itu dikarenakan pembelajaran yang selama ini diterapkan kurang sesuai dan tidak tepat sasaran sehingga tujuan pembelajaran yang ingin dicapai tidak dapat terlaksana dengan baik. Oleh karena itu, peneliti dan guru mata pelajaran seni rupa bekerja sama dalam mengembangkan inovasi pembelajaran melalui pengembangan pembelajaran outdoor atau di luar ruangan, serta dengan pengembangan strategi pembelajaran yang lebih tepat sasaran. Permasalahan yang dikemukakan dalam skripsi ini adalah (1) bagaimana hasil gambar bentuk siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Pegandon melalui pembelajaran outdoor, 2) pembelajaran outdoor yang bagaimana dapat meningkatkan kemampuan menggambar bentuk siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Pegandon. Selain itu manfaat dari penelitian ini di antaranya adalah (1) hasil penelitian dapat menjadi acuan bagi guru mata pelajaran seni rupa sebagai masukan dan arahan terhadap proses pembelajaran yang selama ini dilaksanakan di kelas, (2) bahan pertimbangan bagi sekolah untuk memperhatikan pentingnya pembelajaran seni rupa agar lebik baik sesuai dengan tujuan pendidikan yang ingin dicapai, (3) masukan bagi pendidik dalam meningkatkan kemampuan siswa menguasai pelajaran seni rupa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, dengan prosedur penelitian meliputi kegiatan pratindakan, siklus I dan siklus II yang mencakup kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes dan teknik nontes, sementara teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Hasil pembelajaran menggambar bentuk pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Pegandon, berdasarkan hasil nilai pada aspek penilaian menggambar bentuk yang meliputi aspek kesesuaian bentuk (model, proporsi, perspektif dan struktur), komposisi, gelap terang dan bayangan. Pada kegiatan pratindakan pembelajaran menggambar bentuk yang dilakukan di dalam kelas diperoleh hasil penilaian terhadap karya siswa dengan nilai rata-rata siswa sebesar 60,14 yang termasuk dalam kategori kurang dan hasil tersebut di bawah nilai KKM sebesar 65. Pada siklus pertama kegiatan pembelajaran dilakukan di halaman depan kelas VII D dan diperoleh hasil penilaian menggambar bentuk siswa dengan hasil nilai rata-rata sebesar 65,68 termasuk dalam kategori cukup. Sedangkan pada siklus kedua dengan pengembangan strategi yang diterapkan melalui pembelajaran outdoor pada pembelajaran menggambar bentuk, diperoleh hasil nilai rata-rata sebesar 75,59 dan termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil pembelajaran pada kegiatan pratindakan, siklus pertama dan siklus kedua, maka hasil pembelajaran menunjukkan peningkatan terhadap kemampuan menggambar bentuk siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Pegandon melalui pembelajaran outdoor. Dengan kondisi demikian dapat ditegaskan bahwa pembelajaran outdoor yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran menggambar bentuk di antaranya memiliki karakteristik sebagai berikut: (a) tempat yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran memberikan kenyamanan dalam belajar, tidak ramai dan terhindar dari kondisi cuaca yang membuat siswa menjadi merasa terganggu, (b) tiap model yang digunakan dalam belajar dapat digunakan pada kelompok kecil lebih kurang 14-15 siswa, (c) posisi siswa dalam menggambar bentuk yaitu melingkari model atau di sekeliling model benda yang akan digambar, (d) lokasi yang digunakan dalam pembelajaran memungkinkan guru untuk dapat mengontrol siswa dengan baik, (e) jarak antar siswa pada saat menggambar tidak saling berjauhan sehingga dapat dikontrol oleh guru. Saran yang dapat diberikan kepada pendidik adalah pembelajaran menggambar bentuk melalui pembelajaran outdoor perlu dissemination atau penyebaran pada kelas atau sekolah lain. Guru mata pelajaran seni rupa dapat mengaplikasikan pembelajaran outdoor di kelas atau di sekolah lain sebagai alternatif dalam pembelajaran menggambar bentuk. Dengan demikian sekolah perlu menyediakan tempat atau area yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran di luar kelas.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menggambar bentuk, pembelajaran outdoor. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 04 Nov 2011 01:50 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6914 |
Actions (login required)
View Item |