Analisis Kesalahan Membaca dan Menulis Huruf Hiragana (ひらがな) Pada Siswa Kelas XI SMK Tunas Harapan Salatiga
Yayan Sukma Fitroh Nugroho , 2302406028 (2011) Analisis Kesalahan Membaca dan Menulis Huruf Hiragana (ひらがな) Pada Siswa Kelas XI SMK Tunas Harapan Salatiga. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Analisis Kesalahan Membaca dan Menulis Huruf Hiragana (ひらがな) Pada Siswa Kelas XI SMK Tunas Harapan Salatiga.)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dalam mempelajari bahasa Jepang, unsur paling awal yang harus dipelajari oleh siswa adalah huruf (moji). Dalam kegiatan belajar mengajar, pembelajar bahasa Jepang menggunakan tiga jenis huruf yang berbeda yaitu hiragana, katakana dan kanji. Huruf tahapan pertama yang diajarkan ke siswa adalah huruf hiragana. Huruf hiragana memiliki keistimewaan yang berbeda dengan huruf Jepang yang lain. Yang harus diperhatikan dan dicermati dalam menulis menggunakan huruf hiragana terdapat konsonan rangkap, vokal panjang dan tata cara penulisan huruf hiragana yang terletak pada coretan-coretan atau garis-garisnya. Selain menggunakan metode yang tepat, alat bantu dan peraga juga penting digunakan untuk mengoptimalkan pengajaran huruf hiragana. Siswa akan mengalami kesulitan dalam membaca kosakata, pola kalimat manakala huruf hiragana tidak diajarkan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penyebab terjadinya kesalahan membaca dan menulis huruf hiragana (ひらがな) pada siswa SMK Telekomunikasi Tunas Harapan Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengolah data yang diperoleh dari hasil tes. Pendekatan kualitatif digunakan untuk menganalisis data dari hasil tes kesalahan membaca dan menulis huruf hiragana yang telah diujikan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Telekomunikasi Tunas Harapan Salatiga. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, metode observasi dan metode tes. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan untuk menghitung realibilitas instrument penelitian menggunakan rumus K-R 21. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan tabel statistik. Analisa hasil tes menunjukkan bahwa beberapa siswa masih kurang menguasai huruf hiragana yang memiliki kemiripan. Selain itu juga masih ada beberapa siswa yang belum bisa membedakan bentuk, bunyi dan pelafalan huruf つ(tsu) dengan huruf す(su). Siswa juga kurang teliti ketika menuliskan huruf, banyak kesalahan dikarenakan lupa memberikan coretan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Membaca dan Menulis, Hiragana |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 02 Nov 2011 07:30 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6859 |
Actions (login required)
View Item |