Pengembangan Model Pembelajaran gerak dasar lompat jauh dalam Penjasorkes melalui pendekatan lingkungan Persawahan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karanganyar 03 di Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal.
Ning Harningsih , 6102909110 (2011) Pengembangan Model Pembelajaran gerak dasar lompat jauh dalam Penjasorkes melalui pendekatan lingkungan Persawahan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karanganyar 03 di Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pengembangan Model Pembelajaran gerak dasar lompat jauh dalam Penjasorkes melalui pendekatan lingkungan Persawahan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karanganyar 03 di Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal.)
- Submitted Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan Bagaimana bentuk modifikasi pengembangan gerak dasar lompat jauh dalam Penjasorkes melalui pendekatan lingkungan persawahan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karanganyar 03 di Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal .Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran gerak dasar lompat jauh gerak dasar lompat jauh dalam Penjasorkes melalui pendekatan lingkungan persawahan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karanganyar 03 di Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan produk berupa pengembangan pembelajaran gerak dasar lari. Adapun langkah–langkah yang dilakukan oleh peneliti adalah sebagai berikut:1) Melakukan penelitian dan pengumpulan data informasi termasuk kajian pustaka dan analisis kebutuhan, 2) Mengembangkan Produk kelompok kecil, 3) Evaluasi dari para ahli dengan kualifikasi yaitu, 1 orang sarjana Penjasorkes, ahli, serta menggunakan tehnik kuesioner, lalu dikumpulkan dan analisis, 4) Revisi produk uji coba skala kecil, revisi produk dari peninjauan para ahli. Revisi ini digunakan untuk pelaksanaan pada uji coba skala besar, 5) Uji coba kelompok besar, dengan menggunakan tehnik koesioner kemudian di analisis, 6) Revisi Produk akhir yang dihasilkan uji coba lapangan. Hasil akhir model penelitian pembelajaran gerak dasar lompat jauh bagi siswa Kelas IV SD Sekolah Dasar Negeri Karanganyar 03 di Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal, berjumlah 32 yang pelaksanaannya di persawahan Hasil analisis rata-rata data dari evaluasi ahli penjas dan dua guru penjas pada uji coba skala kecil, didapat rata rata presentase 82.67%,sehingga prodok model pembelajaran gerak dasar lompat jauh dapat di gunakan untuk siswa Sekolah Dasar. Pada uji coba skala kecil,didapat presentase pilihan jawaban yang sesuai 92.33%, sehingga prodok model pembelajaran gerak dasar lompa jauh dapat di gunakan untuk uji coba sklala kecilr.Dan uji coba besar,didapat presentase pilihan jawaban yang sesuai 93.02%, sehingga prodok model pembelajaran dasar lompat jauh dapat di gunakan untuk Sekolah Dasar. Berdasarkan penelitian yang saya lakukan saya menyarakan:1) Model pembelajaran gerak dasar lompat jauh sebagai produk yang telah dihasilkan dari penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif penyampaian materi pembelajaran gerak dasar lompat jauh untuk siswa SD.2) Pengguna model ini dilaksanakan seperti apa yang direncanakan sehinggga dapat mencapai tujuan yang diharapkan sesuai dengan tujuan dalam pembeajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.3) Model pembelajaran gerak dasar lompat jauh ini dapat memudahkan siswa melakukan gerak lompat jauh karena sesuai dengan karakteristik siswa.4) Bagi guru penjasorkes di SD diharapkan dapat mengembangkan model-model pembelajaran gerak dasar lompat jauh yang lebih menarik lainya untuk digunakan dalam pembelajaran atletik di sekolah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lompat jauh, pendekatan lingkungan, Persawahan |
Subjects: | O Sport > Education, Training, Research O Sport > Physical fitness |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | eko handoyo perpustakaan |
Date Deposited: | 02 Nov 2011 07:24 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6855 |
Actions (login required)
View Item |