Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011 dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Pokok Lingkaran dengan Panduan Kriteria Watson.
Yuniar Tazul Arifin , 4101407011 (2011) Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011 dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Pokok Lingkaran dengan Panduan Kriteria Watson. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011 dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Pokok Lingkaran dengan Panduan Kriteria Watson.)
- Submitted Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah mempunyai peranan yang sangat penting, sebab disamping dapat memberi bekal kemampuan berhitung, juga dapat memberi bekal kemampuan menalar. Namun pada umumnya matematika tergolong mata pelajaran yang dirasakan sulit bagi siswa, karena matematika ditinjau dari segi objeknya bukanlah merupakan objek konkret tetapi merupakan benda pikiran. Dengan memperhatikan karakteristik di atas, tidak mustahil jika siswa dalam mempelajari matematika mengalami kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui di mana letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal dengan panduan kriteria Watson dan apa penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan taksonomi SOLO (The Structure of the Observed Learning Outcome) untuk menyusun alat tes yang objektif dan dapat dikaitkan langsung dengan tingkat kualitas hasil belajar, serta dapat digunakan untuk melihat respon siswa dan jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam mengerjakan soal. Tes yang digunakan berbentuk uraian sebanyak 10 soal. Dari 10 soal tersebut yang termasuk dalam kategori valid adalah 9 soal. Subjek penelitian diambil 6 siswa dari 33 siswa dengan kriteria 2 siswa dari kelompok atas, 2 siswa dari kelompok sedang, dan 2 siswa dari kelompok bawah. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan kriteria level SOLO suatu pertanyaan yang telah ditetapkan, soal nomor 1 dan nomor 7 termasuk pada level Multistruktural (M), soal nomor 2, 3, 6, dan 8 termasuk pada level Multistage Multistruktural (MM), soal nomor 4, 5, dan 9 termasuk pada level Relasional (R). Pada soal nomor 1 terdapat 8 siswa memberikan respon dengan tepat, 28 siswa pada nomor 2, 9 siswa pada nomor 3, 15 siswa pada nomor 4, 23 siswa pada nomor 5, soal nomor 6 terdapat 19 siswa memberikan respon dengan tepat, semua siswa memberikan respon tepat pada nomor 7, nomor 8 terdapat 27 siswa memberikan respon dengan tepat, sedangkan soal nomor 9 ada 24 siswa yang memberikan respon tepat. Secara umum kesalahan yang dilakukan siswa terjadi karena prosedur tidak tepat (ip), kurangnya keterampilan siswa terutama keterampilan menghitung (shp), dan pengambilan data yang tidak tepat(id). Selain itu, beberapa siswa belum paham dalam menyelesaikan soal cerita. Dalam hal ini, siswa bingung untuk menyelesaikan soal apakah menggunakan rumus luas lingkaran atau keliling lingkaran. Hal ini terjadi karena siswa kurang paham mengenai konsep luas dan keliling lingkaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kesalahan Siswa, Soal Matematika, Watson |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | eko handoyo perpustakaan |
Date Deposited: | 01 Nov 2011 07:50 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:29 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6791 |
Actions (login required)
View Item |