Efektivitas Metode Coperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Globalisasi di SD Negeri Kaligangsa Kulon 01 Brebes.
Benny Hermanto , 1402407118 (2011) Efektivitas Metode Coperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Globalisasi di SD Negeri Kaligangsa Kulon 01 Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Efektivitas Metode Coperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Globalisasi di SD Negeri Kaligangsa Kulon 01 Brebes.)
- Submitted Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan memiliki pengaruh yang dinamis dalam kehidupan manusia dimasa depan. Untuk menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradapan bangsa yang bermartabat diperlukan proses yang panjang. Salah satu perwujudannya adalah melalui pendidikan yang bermutu pada setiap satuan pendidikan. Dalam pelaksanaan pendidikan diperlukan proses pembelajaran yang dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan mampu memotivasi siswa. Semua itu merupakan tugas seorang guru. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru haruslah kreatif, tidak boleh monoton. Semua mata pelajaran membutuhkan penerapan metode pembelajaran. PKn merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang wajib dikuasai siswa. Metode yang dipilih dalam pembelajaran PKn hendaknya metode yang menarik minat siswa sehingga tergerak hatinya untuk secara aktif berusaha meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan Pancasila. Penelitian eksperimen ini menggunakan metode Cooperative Learning tipe Make A Match yang dilakukan di SD Kaligangsa Kulon 01 Brebes. Penelitian ini menggunakan desain pra dan post eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah jika tidak ada perbedaan hasil belajar maka Ho yang diterima, dan jika terdapat perbedaan hasil balajar maka Ha yang diterima. Indikator keberhasilan aktivitas siswa dalah jika aktivitas siswa rata-rata 80%. Metode Cooperative Learning adalah metode pembelajaran yang membantu siswa mempelajari isi akademik dan hubungan sosial. Metode ini mampu mengaktifkan siswa sehingga pembelajarannya lebih efektif dan bermakna bagi siswa. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya hasil belajar siswa dengan rata-rata 73,04 dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode konvensional dengan rata-rata 59,5.Hendaknya guru dapat menerapkan metode pembelajaran Cooperative Learning tipe Make A Match dalam penyelenggaraan pelajaran PKn di kelas. Karena dengan menggunakan metode ini dapat membantu perkembangan kognitif siswa. Perkembangan kognitif siswa akan lebih berarti apabila didasarkan pada pengalaman nyata. Pemblejaran di sekolah hendaknya dimulai dengan memberikan pengalaman–pengalaman nyata dari pada dengan memberkan pengetahuan-pengetahuan saja.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran PKn, Metode Cooperative Learning tipe Make A Match. |
Subjects: | K Law > K Law (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | eko handoyo perpustakaan |
Date Deposited: | 01 Nov 2011 06:04 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6758 |
Actions (login required)
View Item |