Peningkatan Keterampilan Menulis Buku Harian melalui Pembelajaran Kuantum dengan Teknik Peta Konsep dan Media Foto pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 1 Ampelgading


Ria Wahyuningsih , 2101407038 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Buku Harian melalui Pembelajaran Kuantum dengan Teknik Peta Konsep dan Media Foto pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 1 Ampelgading. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Buku Harian melalui Pembelajaran Kuantum dengan Teknik Peta Konsep dan Media Foto pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 1 Ampelgading]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Buku Harian melalui Pembelajaran Kuantum dengan Teknik Peta Konsep dan Media Foto pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 1 Ampelgading) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa. Keterampilan menulis pada dasarnya adalah keterampilan mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui bahasa tulis. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara awal keterampilan menulis buku harian siswa kelas VII E di SMP Negeri 1 Ampelgading, Pemalang, penggunaan bahasa yang kurang ekspresif menjadi faktor penyebab rendahnya keterampilan siswa menulis buku harian. Faktor yang lain adalah minat, ada perbedaan minat siswa laki-laki dan perempuan dalam menulis buku harian. Siswa perempuan cenderung lebih antusias dan berminat dalam menulis buku harian dibanding siswa laki-laki. Rendahnya keterampilan siswa dalam menulis buku harian juga dapat dilihat banyaknya siswa yang tidak mencantumkan tanggal atau keterangan waktu dalam penulisan buku harian. Hal tersebut merupakan salah satu penyebab pembelajaran menulis buku harian belum maksimal. Oleh karena itu, masalah tersebut perlu diatasi melalui pembelajaran kuantum dengan teknik peta konsep dan media foto. Berdasarkan paparan di atas, penelitian ini mengangkat permasalahan yaitu (1) bagaiamana proses pembelajaran menulis buku harian kelas VII E SMP Negeri 1 Ampelgading, Pemalang melalui pembelajaran kuantum dengan teknik peta konsep dan media foto, (2) bagaimana peningkatan keterampilan menulis buku harian pada siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Ampelgading, Pemalang setelah menggunakan pembelajaran kuantum dengan teknik peta konsep dan media foto, dan (3) bagaimana perubahan perilaku belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Ampelgading, Pemalang dalam pembelajaran menulis buku harian melalui pembelajaran kuantum dengan teknik peta konsep dan media foto. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran menulis buku harian kelas VII E SMP Negeri 1 Ampelgading, Pemalang melalui pembelajaran kuantum dengan teknik peta konsep dan media foto, mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis buku harian pada siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Ampelgading, Pemalang setelah menggunakan pembelajaran kuantum dengan teknik peta konsep dan media foto, dan mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Ampelgading, Pemalang dalam pembelajaran menulis buku harian melalui pembelajaran kuantum dengan teknik peta konsep dan media foto. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat secara teoretis dan praktis. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan buku harian siswa melalui pembelajaran kuantum dengan teknik peta konsep dan media foto pada siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Ampelgading, Pemalang. Sumber data yang diambil adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Ampelgading, Pemalang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Pengumpulan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik nontes meliputi observasi, catatan harian, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, keterampilan menulis buku harian melalui pembelajaran kuantum dengan teknik peta konsep dan media foto siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Ampelgading, Pemalang mengalami peningkatan. Hasil tes keterampilan menulis buku harian kelas VII E SMP Negeri 1 Ampelgading sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sudah ditentukan yaitu 80. Nilai rata-rata kelas dalam menulis buku harian pada tahap prasiklus sebesar 71,25 dan termasuk dalam kaktegori cukup. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa dalam menulis buku harian meningkat menjadi 80,225 dengan kategori baik. Peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 8,97 atau sebesar 12,58%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas lebih meningkat menjadi 87,1 dengan kategori sangat baik atau meningkat 6,87 atau 8,56% dari siklus I. Peningkatan menulis buku harian siswa diikuti dengan perubahan perilaku beajar siswa ke arah yang lebih positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kuantum dengan teknik peta konsep dan media foto dapat meningkatkan keterampilan menulis buku harian dan dapat mengubah perilaku belajar siswa ke arah positif. Mengacu pada hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan pada guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VII dapat menggunakan pembelajaran kuantum dengan teknik peta konsep dan media foto dalam pembelajaran menulis buku harian. Saran untuk peneliti, diharapkan dapat melakukan penelitian lanjutan tentang buku harian dengan media foto pribadi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, buku harian, pembelajaran kuantum, teknik peta konsep, dan media foto
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Nov 2011 02:26
Last Modified: 25 Apr 2015 06:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6730

Actions (login required)

View Item View Item