PERSEPSI GURU NON PENJASORKES TERHADAP KINERJA GURU PENJASORKES SD DI DABIN IV KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG TAHUN 2009


Susi Lusiana, 2009 (2009) PERSEPSI GURU NON PENJASORKES TERHADAP KINERJA GURU PENJASORKES SD DI DABIN IV KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG TAHUN 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERSEPSI GURU NON PENJASORKES TERHADAP KINERJA GURU PENJASORKES SD DI DABIN IV KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG TAHUN 2009]
Preview
PDF (PERSEPSI GURU NON PENJASORKES TERHADAP KINERJA GURU PENJASORKES SD DI DABIN IV KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG TAHUN 2009) - Published Version
Download (19kB) | Preview

Abstract

Susi Lisiana, 2009. ”PERSEPSI GURU NON PENJASORKES TERHADAP KINERJA GURU PENJASORKES SD DI DABIN IV KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG TAHUN 2009”. Skripsi, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Program Studi PKG PGPJSD S1 Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Semarang. Dosen Pembimbing pertama Drs. Tri Rustiadi, M.Kes dan Tommy Soenyoto, S.Pd.,M.Pd. Sebagai latar belakang penelitian ini adalah adanya anggapan sebagian masyarakat yang kurang respek terhadap performa dan kinerja guru penjasorkes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru non penjasorkes terhadap kinerja guru penjasorkes SD di Dabin IV Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dengan cara Total Sampling yaitu teknik penarikan sampel dengan mengambil seluruh populasi untuk dijadikan sampel. Teknik analisa data menggunakan analisa statistik deskriptif dengan rumus deskriptif prosentase. Hasil penelitian persepsi guru non penjasorkes terhadap kinerja guru penjasorkes SD di Dabin IV Kecamatan Banyumanik Kota Semarang 2009 yaitu Aspek kepribadian dalam penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru non penjasorkes yaitu sebanyak 70 guru atau 95,90% menyatakan bahwa aspek kepribadian guru penjasorkes SD di Dabin IV Kecamatan Banyumanik Kota Semarang telah baik sedangkan selebihnya 3 guru atau 4,10% menyatakan cukup baik. Kompetensi paedagogik dalam penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar guru non penjasorkes yaitu sebanyak 62 guru atau 84,93% menyatakan bahwa aspek kepribadian guru penjasorkes SD di Dabin IV Kecamatan Banyumanik Kota Semarang telah baik sedangkan selebihnya yaitu 11 guru atau 15,07% menyatakan cukup baik. Kompetensi profesional dalam penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar guru non penjasorkes yaitu sebanyak 55 guru atau 87,70% menyatakan bahwa kompetensi profesional guru penjasorkes SD di Dabin IV Kecamatan Banyumanik Kota Semarang telah baik sedangkan selebihnya yaitu 18 guru atau 12,30% menyatakan cukup baik. Kompetensi sosial dalam penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar guru non penjasorkes yaitu sebanyak 60 guru atau 82,19% menyatakan bahwa kompetensi sosial guru penjasorkes SD di Dabin IV Kecamatan Banyumanik Kota Semarang telah baik sedangkan selebihnya yaitu 13 guru atau 17,81% menyatakan cukup baik. Atas dasar penelitian tersebut di atas penulis memberikan saran. Perlu kiranya seluruh guru yang profesional memenuhi seluruh aspek kompetensi seperti yang telah dijelaskan pada bab 4 dimana hal tersebut sesuai dengan profesi seorang guru sebagai tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran serta menilai pembelajaran. Perlu kiranya guru penjasorkes SD di Dabin IV Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. mempertahankan kinerjanya yang telah baik dengan lebih mengembangkan diri agar dapat terus mempertahankan bahkan meningkatkan kinerjanya di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 01 Nov 2011 00:37
Last Modified: 01 Nov 2011 00:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6704

Actions (login required)

View Item View Item